Tiga Skenario Indonesia Lolos ke Perempat-Final Piala Asia U-19

0
620
Indra Sjafri Optimis Indonesia Lolos Piala Asia 2018

VIVAGOAL.com – Timnas Qatar berhasil menaklukkan Indonesia dengan skor ketat 6-5 di lanjutan penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018. Akan tetapi, tim besutan Indra Sjafri tersebut tetap punya kans melaju ke babak berikutnya.

Saat melawan Qatar di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (21/10) malam WIB), timnas Indonesia U-19 telat panas. Tim Garuda Muda bahkan sudah sempat tertinggal dengan skor besar 1-6 baru kemudian bangkit dan melesakkan empat gol beruntun. Sayangnya, hingga pertandingan berakhir, gol penyama kedudukan tak kunjung bisa didapatkan dan Indonesia akhirnya kalah dengan skor 5-6.

Dengan kekalahan ini, Indonesia sementara berada di posisi ketiga Grup A dengan raihan tiga poin, sama dengan yang dipunya Qatar namun, Indonesia kalah head to head. Di sisi lain, Uni Emirat Arab kokoh di puncak klasemen dengan poin sempurna 6, dan Taiwan di posisi juru kunci klasemen karena telah menelan dua kekalahan.

Baca Juga :  Mats Hummels: Lewandowski Sangat Penting Buat Bayern

Dan laga melawan UEA, Rabu (24/10) akan jadi pertandingan penentu buat Egy Maulana Vikri dkk. Untuk bisa terus melaju ke babak berikutnya, ada beberapa skenario buat Indonesia, namun salah satunya hasilnya juga ditentukan dari hasil pertemuan timnas Qatar versus Taiwan.

Skenario pertama, timnas Indonesia harus bisa imbang saat bertemu UEA, namun Taiwan juga musti mengalahkan Qatar. Dengan skenario awal ini, Indonesia akan mengoleksi 4 poin dan berhak lolos karena menduduki posisi kedua setelah UEA dengan 7 Poin.

Berikutnya, seandainya Qatar hanya bermain imbang atas Taiwan, Indonesia mau tidak mau musti menaklukkan UEA. Jika skenario ini berhasil, Indonesia akan kokoh di puncak klasemen grup A dengan raihan 6 poin, sama dengan UEA tapi unggul head-to-head.

Skenario terakhir, yang paling mungkin terjadi, seandainya Qatar berhasil mengalahkan Taiwan, Indonesia juga musti menang menghadapi UEA. Jika sampai skenario ini berjalan, ketiganya, UEA, Qatar dan Indonesia sama-sama memiliki 6 poin.

Kalaupun Indonesia menang atas UEA harus dengan selisih satu gol maka tim asuhan Indra Sjafri berhak melaju ke babak perempatfinal di bawah Qatar. Karena ketiganya akan sama-sama punya selisih gol 0, namun UEA dipastikan akan tersingkir karena hanya mampu membuat dua gol, sementara Indonesia memasukkan enam gol dengan Qatar mencetak tujuh gol.

Dan jika ingin keluar sebagai juara grup, Indonesia diwajibkan menang minimal tiga gol atau lebih. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki total 8 gol, unggul atas Qatar yang hanya mampu mencetak 7 gol dan berhak atas peringkat kedua klasemen.

Sampai disini, sistem penghitungan memang dilakukan sedikit rumit, tanpa memperhitungkan Taiwan sebagai tim juru kunci. Penghitungan akan dimulai dengan menghitung selisih gol antar ketiganya, tanpa menghitung keseluruhan gol ketiga tim saat bertemu Taiwan.

Kalkulasinya, UEA akan duduk di urutan pertama klasemen kecil dengan selisih gol 2-1 (+1), dibawahnya ada Qatar 7-7 (0), ketiga Indonesia 5-6 (-1). Catatannya disini, Qatar telah bertemu Indonesia dan UEA.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here