Tim Rugby Selandia Baru Jadi Inspirasi di Balik Kesuksesan Klopp

0
14
Liverpool Juara, Klopp; Saya Tak Bisa Berkata-kata!
Sumber: Mirror

Vivagoal Liga Inggris – Jurgen Klopp dikenal sebagai seorang pelatih jenius dengan pendekatan istimewa. Namun tahukah Anda jika sebuah tim rugby menjadi inspirasinya selama ini?

Sejak tiba di Anfield pada 2015 silam, serangkaian perubahan telah dilakukan untuk Liverpool. Rentetan trofi juara juga mulai hadir termasuk Premier League musim ini dan Liga Champions musim lalu.

Klopp kemudian mengatakan jika ada sebuah film dokumenter tentang tim rugby Selandia Baru yang menginspirasinya.

“Selama anda mengenakan seragam ini, kurang dari 100 persen tidak akan pernah diperbolehkan. Itu bukan kalimat asli milik saya. Saya menyimpannya dari film dokumenter All Black,” ucap Klopp dikutip dari Goal International.

“Dan begitulah untuk setiap pemain Liverpool juga dengan saya. Begitulah cara kami untuk mencoba hidup,” lanjut mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.


Baca Juga:


Film itu sendiri mengisahkan sebuah tim rugby yang diisikan oleh pemain-pemain non-profesional yang memiliki pekerjaan lain di luar lapangan. Namun mentalitas mereka untuk juara menjadi teladan bagi Klopp dalam membimbing pemainnya.

“Pada waktu itu, All Black menjadi tim rugby terbaik di dunia dengan persentase kemenangan lebih dari 70 persen. Raihan itu sungguh mengesankan bagi siapapun,” cerita Klopp.

“Mereka [para pemain] bekerja sebagai tukang daging, tukang bangunan, dan semacamnya, dan mereka berbicara soal masa lalunya serta makna bermain untuk tim ini.”

Situasi tersebut mirip ketika Klopp melatih klub Jerman, Mainz. Klub yang berhasil ia bawa promosi ke Bundesliga untuk kali pertama dalam sejarah klub.

“Saya tidak tahu seberapa besar pengaruh film itu, namun jika anda bertanya kepada pemain [Mainz] saat itu, mereka sangat menyukainya. Kami adalah tim yang tidak diminati kebanyakan orang, tetapi kami sangat tertarik kepada diri sendiri,” tutupnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here