Transformasi Phil Foden: Dari Anak Gawang Menjadi Pembunuh Raksasa Premier League - Vivagoal.com
Transformasi Phil Foden: Dari Anak Gawang Menjadi Pembunuh Raksasa Premier League
Sumber: MEN

Transformasi Phil Foden: Dari Anak Gawang Menjadi Pembunuh Raksasa Premier League

Heri Susanto - February 8, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Inggris – Phil Foden kini sudah bertransformasi menjadi sosok yang sama sekali berbeda. Mengawali karir sebagai anak gawang. Reputasinya sebagai pembunuh raksasa tim Inggris mulai terbangun.

Musim ini boleh dibilang menjadi musim terbaik Phil Foden. Meski ia jarang mendapat kesempatan main, ia sudah mengemas 10 gol di berbagai kompetisi. Terbaru, dalam laga melawan Liverpool, Minggu (7/2) malam, ia sukses mencetak satu gol serta satu assist dalam parade kemenangan 4-1 City atas Liverpool.

Foden, yang gabung ke akademi City pada 2009 sukses menembus tim utama pada 2016 pasca kedatangan Guardiola. Sebelumnya, ia bahkan sempat menjadi anak gawang sebelum mentas bersama tim utama. Sejauh ini ia sukses mengepak 102 penampilan di berbagai kompetisi dan mendulang 25 gol.

Menukil laman transfermarkt, Foden memiliki reputasi yang apik sebagai pembunuh raksasa. Ia peernah melesatkan dua gol serta dua assist kala bersua Arsenal, mencetak satu gol dan dua assst kala melawan Chelsea dan sepasang gol serta assist kala bersua Tottenham. Sejauh ini, ia belum pernah memberikan kontribusi melawan United. Kontribusi besar tersebut pun membuat Pep tak sungkan untuk memuji anak asuhnya.


Baca Juga:


“Kami dan pendukung Man City beruntun punya sosok yang berasal dari akademi dan mencintai Man City. Ia tumbuh di akademi kami dan menjadi pendukung hingga ball boy, dan kini menjadi pesepakbola top buat kami,” kata Guardiola, dilansir Manchester Evening News.

“Sekarang, dia sudah begitu sempurna di posisi sayap dan gol kedua dan keempat sangat luar biasa dan fenomenal darinya. Dia baru 20 tahun, dia punya banyak ruang untuk berkembang dan memahami laga dengan lebih baik lagi.”

“Ritme yang dia mainkan sebagai winger masih seperti ketika bermain di tengah, tapi dia sudah memperbaikinya juga secara mentalitas. Dia selalu merasa bisa melakukan sesuatu dekat kotak lawan,” jelas Guardiola.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com