Unbeaten 20 Laga, Van Gaal: Percuma, Akhirnya Kalah di Adu Penalti - Vivagoal.com
20 Laga Tanpa Kekalahan, Van Gaal: Percuma, Akhirnya Kalah di Adu Penalti
Louis Van Gaal, Foto: dok Goal

Unbeaten 20 Laga, Van Gaal: Percuma, Akhirnya Kalah di Adu Penalti

A Hendra - December 10, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Piala Dunia 2022Louis Van Gaal berhasil memecahkan rekor dengan membawa timnas Belanda tanpa kekalahan dalam 20 laga di waktu normal. Namun Van Gaal menyebut percuma pecahkan rekor tapi akhirnya kalah di adu penalti.

Bertanding di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12) dinihari WIB pada laga perempatfinal Piala Dunia 2022, timnas Belanda sempat dibuat frustasi oleh kubu Argentina. Tak kunjung mampu mencetak gol, De oranje justru harus tertinggal 0-2 lewat gol Nahuel Molina dan Lionel Messi.

Meski mampu sedikit mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 52%, tapi Argentina lebih agresif dengan menciptakan hingga 14 tembakan dengan lima diantaranya mengarah ke gawang. Berbanding dua tembakan terarah dari enam percobaan milik Belanda.

20 Laga Tanpa Kekalahan, Van Gaal: Percuma, Akhirnya Kalah di Adu Penalti
Timnas Argentina, Foto: dok Inews

Beruntung, setelah pertandingan diprediksi bakal berakhir dengan kemenangan Argentina,Wout Weghorst muncul sebagai pahlawan dengan sepasang golnya di menit-menit akhir untuk memaksakan pertandingan berlanjut ke 2×15 menit babak perpanjangan.

Namun di babak adu tos-tosan, Belanda akhirnya dipaksa mengakui ketangguhan Argentina dengan keunggulan 4-3. Sepakan Virgil Van Dijk dan Steven Berghuis mampu ditepis kiper Emiliano Martinez. Sementara di kubu Argentina, hanya Enzo Fernandez yang gagal menyarangkan gol.


Baca Juga:


Kekalahan ini sendiri secara otomatis membuat langkah Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar harus terhenti. Tapi khusus untuk Louis Van Gaal, ia berhasil mengakhiri kariernya sebagai pelatih De Oranje dengan mencatatkan unbeaten, alias tanpa kekalahan di waktu normal dalam 20 pertandingan

Tetapi, pelatih berusia 71 tahun itu ternyata tak menganggap rekor itu sebuah hal yang istimewa. Sebab tak ada guna mencetak rekor jika pada akhirnya Belanda kalah lewat adu penalti, dan musti terdepak dari Piala Dunia 2022.

Statistik Bicara: Argentina Inferior di Hadapan Belanda
Timnas Belanda, Foto: dok Genpi

“Bersama saya, tim nasional menjalani 20 pertandingan dan tidak sekali pun kalah. Itu tentu saja bukan rekor yang terlalu buruk,” ujar Van Gaal seperti dikutip dari Voetbal International.

“Tapi, apalah arti kebanggan menjalani 20 pertandingan tanpa kalah? Karena, pada akhirnya kami tersingkir lewat adu penalti.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Piala Dunia 2022 hanya di Vivagoal.com