5 Fakta Komentator Legendaris di Dunia Sepak Bola - Vivagoal.com
Komentator Legendaris

5 Fakta Komentator Legendaris di Dunia Sepak Bola

Dimas Sembada - April 15, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal5 Fakta – Seorang komentator, punya peran mulia kala memandu jalannya pertandingan. Fungsi mereka vital, khususnya untuk membuat laga semakin menarik. 

Dikutip dari Sportskeeda,  komentator harus mampu membantu orang awam memahami permainan dengan lebih baik dan menambah kesenangan menonton saat mendengarkan mereka.

Tanpa komentator, pertandingan sepak bola bakal terasa hampa. Tak ada yang memandu, tak ada yang menyijakan statistik dan tak ada yang memberi pandangan soal jalannya pertandingan. 

Beberapa nama begitu tersohor di dunia komentator lantaran punya ciri khasnya masing-masing. Bukan cuma suara yang mikrofonis saja, tapi kemampuan analisis yang tajam juga membuat penikmat sepak bola mencintai sosok tersebut. 

Lantas,  siapa saja mereka? Simak ulasan selengkapnya soal 5 sosok komentator  legendaris di dunia sepak bola:

1.Ian Darke

Ian Darke
Foto: Football365

Ian Darke adalah salah satu tokoh komentator paling besar di olahraga Inggris. Sempat menjadi komentator tinju, Darke menjadi salah satu komentator tersukses setelah dia masuk ke jajaran ‘Big Four” Sky komentator bersama Martin Tyler, Alan Parry dan Rob Hawthorne. 

Sepanjang karier komentatornya, Darke memiliki banyak pengalaman. Termasuk memimpin pertandingan penting seperti final Piala Dunia FIFA hingga pertandingan besar  di Liga Premier dan Liga Champions Eropa.

Darke pernah bekerja untuk media-media besar seperti  Radio BBC dan Sky Sports bahkan menjadi sosok penting di ESPN. Dia saat ini berkomentar untuk BT Sport dan Prime Video Sport, dan kerap memimpin Piala FA, Liga Premier, dan beberapa kompetisi lain. 

2. Jon Champion

Jon Champion
Foto: The Football Pink

Penggemar Liga Premier pasti tak asing dengan Jon Champion. Sayang dia sudah memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat menjelang musim 2019/20. 

Champion memiliki banyak pengalaman dalam karier komentatornya. Tercatat dia menghabiskan waktu dengan BBC Sport, ITV Sport, Setalanta dan ESPN.

Penyiar kelahiran Yorkshire dibawa oleh ITV untuk mengomentari Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan juga dipekerjakan oleh ESPN untuk Piala Dunia 2014 karena jasanya diperlukan untuk penontonnya di Amerika Serikat.

Selain itu, Champion juga pernah jadi komentator di Piala Dunia 2006 dan 2018. Dia bahkan semakin terkenal setelah dirinya menjadi komentator di gim Pro Evolution Soccer (PES).

3. Jim Beglin

Jim Beglin
Foto: The Sports Show

Jim Beglin adalah salah satu dari sedikit komentator profesional di Liga Premier yang berstatus sebagai mantan pemain sepak bola. Pria asal Irlandia itu tercatat merupakan bekas bek kiri yang pernah membela Liverpool dan Leeds United. 

 Diberkati dengan kemampuan membaca permainan dengan akurasi yang sempurna, Beglin tidak pernah menjadi komentator utama tetapi dia kerap ditandemkan dengan sosok macam Peter Drury dan Martin Tyler. 


Baca Juga: 


Meskipun mantan pemain Liverpool, dia tidak memihak dalam mengomentari permainan The Reds. Selain itu, punya analisis tajam, membuat Beglin sering dicari oleh banyak penggemar dan pakar.

Tak berlebihan bila Beglin pada akhirnya menjadi salah satu komentator terbaik yang pernah ada di dunia olah bola.  Dia telah bekerja untuk BT Sport dan NBCSN, serta dalam karirnya, dia telah menjadi komentator untuk Liga Premier, Liga Champions dan dua edisi Piala Dunia FIFA.

4. Clive Tyldesley

Clive Tyldesley
Foto: Radio times

Nama lain yang lantas melegenda sebagai komentator sepak bola adalah Clive Tyldesley. Saking piawainya Tyldesley dia mampu mengambil alih tempat yang ditinggalkan Brian Moore setelah pensiun. 

Tyldesley sering terlihat mengomentari pertandingan Liga Champions dengan dia menjadi komentator untuk 17 belas edisi final terakhir serta pertandingan penting d Piala FA. Suaranya juga digunakan untuk menjadi komentator gim FIFA EA Sports. 

Selain itu, Tyldesley telah memenangkan banyak penghargaan atas kemampuannya sebagai komentator. Salah satunya adalah penghargaan Royal Television Society Sports Commentator of the Year, yang dimenangkannya empat kali. 

Pria asal Lancashire tersebut memiliki karir luar biasa dengan ITV saat ini, dia benar-benar salah satu komentator terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola. 

5. Tris Irawan

Tris Irawan
Foto: Youtube

Dari tanah air, ada nama Tris Irawan, yang beken di era 90-an. Sebagai komentator, dia kerap memimpin pertandingan Tim Nasional dan beberapa pertandingan yang disiarkan oleh RCTI. 

Suara mikrofonis datar dan berat jadi ciri khasnya, begitu juga penguasan materi yang mendalam membuat namanya selalu terkenang. Football Tribe bahkan menyebut Tris Irawan sebagai komentator yang tegas, lugas, dan karismatik.

Bung Tris tidak hanya muncul di layar kaca sebagai komentator sepak bola saja. Tris Irawan juga kerap menjadi komentator untuk pertandingan tinju dan bulutangkis. 


Baca Juga: 


Sayangnya, belakangan kita semakin jarang melihat kehadiran Tris Irawan di layar kaca untuk memandu jalannya pertandingan olahraga di tanah air.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com