5 Fakta Kota Sepakbola yang Wajib Dikunjungi - Vivagoal.com
5 Fakta Kota Sepakbola yang Wajib Dikunjungi

5 Fakta Kota Sepakbola yang Wajib Dikunjungi

Heri Susanto - October 30, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Klub-klub sepakbola biasanya identik dengan kota di mana mereka bermukim. Mereka bisa menjadi representasi bagaimana wajah sepakbola itu berjalan baik secara fanatisme, gairah dan kultur yang melekat di sana.

Di Indonesia, wajah Kota dengan tim sepakbola merupakan pemandangan yang lumrah terjadi. Jakarta memiliki Persija, Surabaya memiliki Persebaya hingga Jayapura punya Persipura dan berbagai daerah lain memiliki tim jagoannya masing masing.

Sejatinya, pemandangan tim top yang menguasai sebuah Kota merupakan hal yang biasa. Ada perbedaan kelas dari Kota yang memiliki dua klub. Entah dari segi prestasi, pendanaan hingga keinginan untuk terus eksis baik dari faktor internal maupun eksternal. Biasanya, tim-tim di Indonesia memiliki sebuah tim yang menjadi representasi dimana mereka bermukin. Di tanah air, jarang ada dua tim dari satu kota yang mampu bersaing ketat di top flight.

Pemandangan berbeda justru terjadi di Eropa. Tak jarang dua klub atau bahkan lebih yang mampu bersaing di kasta teratas.  Di Inggris misal, untuk Kota Manchester, City dan United saling bersaing dalam beberapa waktu terkahir meski tim yang disebut pertama perlahan mulau tujukan superioritasnya dari tim tetangga.


Baca Juga:


Sementara di Lisabon, ada tiga tim dari satu Kota yang bergantian merajai kompetisi seperti Benfica, FC Porto hingga Sporting CP. Ketiganya memiliki level di atas rata-rata tim Portugal lain. Bahkan FC Porto dan Benfica tercatat pernah menjuarai Liga Champions. Sementara Sporting belum pernah sekalipun mendulang kesuksesan di Eropa.

Selain Portugal, Super Lig Turki juga memiliki tiga jagoan yang merajai kancah domestik dalam wujud Besiktas, Fenerbahce dan Galatasaray. Ketiganya berasal dari Istanbul. Nama tim yang disebut terakhir lumayan mendominasi dibanding tetangganya. Namun soal rivalitas, Fenerbahce dan Galatasaray punya tingkar persaingan yang lumayan tinggi.  Bahkan, tensi derby keduanya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Di luar berbagai daftar tim yang menguasai kotanya masing-masing, Vivagoal sudah merangkum Kota-Kota dengan tim sepakbola yang layak dikunjungi. Kota yang tersemat memiliki kultur budaya yang kuat dari berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, mereka yang ada dalam daftar memiliki historis dan rivalitas yang lumayan kental antar satu tim dengan tim lain. Lantas, Kota-Kota mana saja yang wajib dikunjugi para pecinta sepakbola.