5 Fakta Kunci Kesuksesan Pep Guardiola

0
1558
5 Fakta Kunci Kesuksesan Pep Guardiola

Vivagoal5 Fakta – Josep Guardiola i Sala atau lebih dikenal dengan sapaan Pep Guardiola adalah mantan pemain sepak bola asal Spanyol yang kini berprofesi sebagai pelatih klub sepak bola.

Pep lahir pada 18 Januari 1971 di Santpedor, Barcelona, Catalonia. Pep Guardiola menghabiskan kebanyakan karirnya sebagai pemain di Barcelona. Bahkan, ia menjadi bagian dream team di bawah kepelatihan Johan Cruyff.

Yang dapat membawa Barcelona memenangkan gelar Eropa mereka untuk pertama kalinya. Pep Guardiola menjadi kapten di 4 tahun terakhirnya bersama Barcelona.

Pep sendiri juga bermain untuk klub Brescia, AS Roma, Al-Ahli dan Dorados de Sinaloa. Sebagai pemain asal Spanyol. Pep memulai debutnya pada tanggal 14 Oktober 1992 saat menghadapi Irlandia Utara saat kualifikasi Piala Dunia 1994.

[irp]

Setelah memutuskan untuk pensiun sebagai pemain, Guardiola menjadi pelatih dari tim Barcelona B. Tepatnya 8 Mei 2008, presiden Barcelona, Joan Laporta, mengumumkan kalau Guardiola menggantikan Frank Rijkaard. Yang mana menggantikan sebagai pelatih tim utama. Pep Guardiola menandatangani kontraknya pada tanggal 5 Juni 2008.

Pada musim pertamanya sebagai manajer, Barcelona memenangkan tiga gelar. Mulai dari La Liga, Piala Copa del Rey dan Liga Champions. Pep Guardiola menjadi manajer termuda yang memenangkan Liga Champions. Pada musim berikutnya, Guardiola membawa Barcelona memenangkan Piala Super Spanyol lawan Athletic Bilbao. Dan juga Piala Super Eropa 2009 lawan Shakhtar Donetsk.

Setelah memenangi banyak gelar bersama Barca. Pep Guardiola memutuskan untuk beristirahat dari dunia sepakbola pada pertengahan tahun 2012. Pada awal tahun 2013, dia mengumumkan bahwa dirinya sudah menandatangani kontrak bersama Bayern Munich. Untuk menggantikan kursi pelatih Jupp Heynckes yang pensiun di akhir musim 2012/13.

Inilah 5 Fakta Kunci Kesuksesan Pep Guardiola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here