5 Kandidat Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman - Vivagoal.com
Joachim Low

5 Kandidat Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman

Dimas Sembada - March 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – 5 Fakta  – Joachim Low resmi memutuskan berpisah dengan Timnas Jerman. Low bakal menyudahi kebersamaannya dengan Der Panzer usai Piala Eropa yang akan digelar pada 2021 nanti.

Menangani Timnas Jerman selama 15 tahun, Low menjadi salah satu juru taktik yang dikenal lihai. Prestasi terbaiknya tentu saat berhasil membantu Jerman meraih juara Dunia pada 2014.

Berstatus sebagai juara bertahan, sayang Jerman hancur-hancuran di Piala Dunia 2018. Setelah kegagalan itu, Low mulai sering dikritik oleh publik karena penampilan inkonsiten Der Panzer. 

Meski masih punya kontrak hingga 2022, tapi Low yakin memutuskan untuk mundur dari Timnas Jerman. Dia meminta DFB untuk membiarkannya pergi lebih cepat dari seharusnya.

Lantas, andai Low nantinya benar-benar lengser sebagai pelatih kepala Jerman, siapa yang layak menggantikannya? Vivagoal kali ini merangkum lima sosok yang punya kans untuk menjadi juru latih Timnas Jerman. 

1.Hans Flick

Bayern Munchen

Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, menjadi salah satu sosok potensial sebagai pengganti Joachim Low. Bukan hal yang mengejutkan memang berkaca pada sepak terjang kepelatihannya. 

Flick tercatat sebagai orang kedua yang pernah mengasisteni Low di Euro 2008 dan 2012, juga di Piala Dunia 2010 dan 2014 yang berakhir manis untuk Timnas Jerman. Belum lagi dengan segala prestasi menterengnya saat dipercaya menukangi Munchen. 

Mulai kerap dirumorkan akan menjadi pelatih masa depan Jerman, Flick tak mau ambil pusing. Menurutnya, dia masih punya kontrak hingga 2023 di Bayern Munchen dan tak ingin berspekulasi soal masa depan. 

“Saya memiliki kontrak hingga 2023 dan ingin sukses dan memenangkan gelar bersama Bayern Munich. Ini bukan waktunya untuk berspekulasi tentang masa depan saya,” kata Flick. 

2.Jurgen Klopp

Liverpool Ditahan Imbang Newcastle, Klopp Tetap Santai
Sumber: talkSPORT

Nampak tidak sah andai nama Jurgen Klopp tak masuk daftar sebagai salah satu calon pengganti Jochim Low. Kesuksesannya bersama Borussia Dortmund dan Liverpool membuat berbagai pihak beranggapan Klopp sebagai orang yang paling tepat. 

Tapi demikian, Klopp buru-buru membantah. Selain merasa belum selesai dengan pekerjaannya saat ini, Klopp merasa akan sangat sulit buat menyamai pencapaian Low.

Baca Juga: 

“Jika Anda bertanya apakah saya tersedia untuk pekerjaan itu, jawabannya tidak. Saya tidak akan tersedia sebagai pelatih potensial tim nasional Jerman di musim panas atau setelah musim panas. Saya memiliki tiga tahun tersisa di Liverpool.

“Low melakukan pekerjaan yang luar biasa bertahun-tahun, sebagai yang paling sukses.  Saya mengerti dia ingin mendapatkan sorotan Euro ini. Dan kemudian orang lain akan melakukan pekerjaan. Banyak manajer Jerman yang baik,” kata Jurgen Klopp dikutip dari Goal.

3. Ralf Rangnick

Rangnick: Bukan Waktu Yang Tepat Ke Milan Saat Ini
Foto: Twitter

Sepak terjang Ralf Rangnick sebagai pelatih kenamaan Jerman tak perlu diragukan. Tak aneh bila banyak yang berharap Rangnick akan duduk di kursi kepelatih Jerman. 

Berbeda dengan kandidat lain, Rangnick terbuka dengan tantangan yang ada. Dia mengaku tertarik untuk menjadi juru latih Der Panzer. 

“Itu adalah pekerjaan yang penting bagi siapa pun. Secara umum saya bisa membayangkan banyak hal. Ini adalah masalah waktu. 

“Saat ini, saya tidak terikat dengan mana pun. Jika DFB menelepon saya begitu saya tidak lagi menganggur, itu akan terlambat,” kata Rangnick. 

Menilai situasi ini, andai DFB benar-benar datang dan memberinya tawaran untuk membesut Jerman, bisa dipastikan, Rangnick bakal menggantikan Low. 

4. Julian Nagelsmann

Nagelsmann RB Leipzig
Sumber: Twitter RB Leipzig

Pelatih muda berbakat RB Leipzig, Julian Nagelsmann layak masuk dalam bursa pengganti Low. Andai ini terjadi, pria 33 tahun tersebut bakal menjadi pelatih Timnas Jerman termuda sepanjang sejarah.

Nagelsmann sendiri hingga saat ini masih menunjukan loyalitasnya pada Leipzig. Dia berharap masih bisa bertahan di Red Bull Arena hingga beberapa tahun ke depan. 

“Saya pasti ingin tetap menjadi pelatih klub selama beberapa tahun ke depan,” kata Nagelsmann kepada Spots.de

Nagelsmann juga mengakui mengambil alih kursi kepelatihan timnas Jerman adalah sebuah hal menarik bagi kariernya. Tapi, tidak dalam waktu dekat ini. 

“Tapi tentu saja, merupakan suatu kehormatan bagi setiap pelatih untuk menjadi pelatih nasional dari negara sepakbola yang sangat sukses. 

“Tapi tidak untuk saya sekarang dan untuk beberapa tahun ke depan, itu bukan masalah,” kata Nagelsmann.

5.Stefan Kuntz

Stefan Kuntz
Foto: BuliNews

Stefan Kuntz, pelatih Timnas Jerman U-21 jadi salah satu kandidat kuat lain untuk gantikan Joachim Low. Nama besarnya dinilai bakal memberi pengaruh positif untuk Die Mannschaft.

Namanya Kuntz akan selalu diingat publik Jerman lewat gol legendarisnya ke gawang Inggris pada Euro 1996. Selain itu, dia juga dikenal punya insting tajam untuk mengorbitkan pemain-pemain potensial. 


Baca Juga: 


Membesut timnas Jerman dari 2016, banyak nama bersinar berkat tangan dinginnya. Sebut saja  Serge Gnabry, Robin Koch, dan Luca Waldschmidt.

Dikutip dari berbagai sumber, Kuntz dianggap sebagai salah satu kandidat teratas untuk menggantikan Low. Meskipun dia tidak memiliki reputasi tinggi seperti kandidat lain, Kuntz jadi calon pengganti Low yang paling realistis.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com