5 Pelatih dengan Upah Tertinggi di Dunia

0
288
Thomas Tuchel

Vivagoal 5 FaktaTanggung jawab dan peran seorang pelatih di dalam dunia sepak bola telah banyak berubah dari tahun ke tahun.

Sebelumnya para pelatih hanya diharapkan untuk memberikan arahan kepada anak asuhnya. Namun, perubahan peran terus menerus sesuai perjalanan di zaman modern ini.

Pelatih sepak bola saat ini diharapkan bisa menjadi sosok yang memiliki banyak talenta dan juga sekaligus menjadi penggerak utama dalam operasi tim sepak bola. Akan tetapi, jabatan pelatih di sebuah klub terkadang dapat menjadi pekerjaan tanpa rasa terima kasih.

Sedangkan untuk pesepakbola profesional dapat mengambil sebagian besar kemewahan dan pujian dari para penggemar dan pengamat sepakbola. Sementara itu sang pelatih diharapkan dapat melakukan keajaiban untuk klub mereka.

Para pelatih juga tetap berada di bawah pressure yang luar biasa dari pihak manajemen klub untuk meraih kesuksesan walaupun pada umumnya diberi waktu yang cukup singkat. Jika tidak memenuhi ekspektasi, maka pihak klub akan segera mendepak sang pelatih.

Terlepas dari hal tersebut, sang pelatih sepakbola juga memiliki gaji yang cukup fantastis. Mereka dibayar oleh klub dengan nilai yang tinggi untuk memenuhi ekspektasi mereka.

Berikut VIGO akan merangkum 5 Pelatih dengan Upah Tertinggi di Dunia.

1. Thomas Tuchel

Thomas TuchelThomas Tuchel dikontrak Paris Saint-Germain (PSG) pada awal musim 2018/19.

Ia dikontrak dua tahun oleh PSG dan mendapat bayaran yang tinggi yakni sekitar 9 juta euro atau setara Rp145 miliar per tahunnya.

Wajar jika Tuchel digaji mahal oleh raksasa klub Prancis tersebut. Sebab, saat melatih Borussia Dortmund, ia berhasil mempersembahkan satu piala DFB-Pokal.

Bersama PSG, Tuchel mampu memberikan satu trofi Ligue 1 Prancis. Akan tetapi, ia gagal di Liga Champions usai disingkirkan oleh Manchester United pada babak 16 besar. Meski begitu, PSG membnerikan perpanjangan kontrak satu tahun kepada Tuchel.

2. Zinedine Zidane

ZidaneSaat Zinedine Zidane hengkang dari Real Madrid pada akhir musim 2017-2018, manajer berkebangsaan Prancis tersebut telah mendapatkan upah sebesar 7,5 juta setahun.

Tercatat bahwa pelatih berkepala plontos tersebut membawa Real Madrid menjadi satu-satunya klub yang memenangkan tiga gelar Liga Champions Eropa secara beruntun.

Baca Juga: 5 Pelatih Terbaik Berkebangsaan Spanyol

Tidak hanya itu, Zinedine Zidane juga telah memenangkan satu gelar La Liga Spanyol, dua gelar Piala Super Eropa, satu gelar Piala Super Spanyol dan dua gelar Piala Dunia Antar Klub.

Itu merupakan kesuksesan klub Los Blancos di bawah kepelatihan Zinedine Zidane. Bahkan dalam masa periode pertama dilatih oleh Zidane, Real Madrid telah menorehkan rasio rata-rata kemenangan sebesar 69,8%. Tidak hanya itu, Sergio Ramos CS mencetak 2,6 gol dari satu laga yang telah dimainkan.

Sejak dua pergantian pelatih yang cukup singkat pada musim 2018-2019, Los Blancos kembali memanggil Zinedine Zidane untuk melatih klub Real Madrid pada bulan Maret 2019.

Mantan pemain Real Madrid tersebut mungkin gagal untuk meniru kesuksesan dari tugas pertamanya saat melatih tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu. Namun tidak disangka, Real Madrid menaikkan gaji Zinedine Zidane secara signifikan.

Dikabarkan bahwa saat ini Zinedine Zidane telah mendapatkan upah sebesar 12 juta Euro atau 10,5 juta Poundsterling dalam satu tahun. ini menjadikan Zinedine Zidane sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi ke-3 di La Liga Spanyol.

3. Josep Guardiola

GuardiolaJosep Guardiola dianggap sebagai salah satu pelatih sepak bola terbaik di dunia saat ini.

Pelatih yang sering disebut dengan nama Pep Guardiola tersebut pernah melatih klub raksasa La Liga Spanyol, Barcelona sebelum melanjutkan karirnya ke Bayern Munchen.

Tak lama kemudian Pep Guardiola kemudian menguji kemampuannya di Liga Premier Inggris saat mengambil alih menjadi pelatih Manchester City pada musim panas 2016.

Memang awalnya Pep Guardiola terbilang lambat untuk mencermati permainan di Liga Inggris. namun saat ini pelatih berkebangsaan spanyol tersebut telah menjadikan Manchester City menjadi salah satu klub terbaik di dunia.

Manchester City telah berhasil memenangkan gelar Liga Premier Inggris dan membuat sejarah pada musim lalu dengan menjadi klub pertama yang memenangkan treble winner domestik.

Baca Juga: 5 Pemainnya Dipanggil Timnas, Pelatih Madura United Migran

Dibawah anak asuh Pep Guardiola, Manchester City telah menjadi salah satu tim paling menghibur di dunia dengan memainkan sepak bola menyerang namun tetap mengalir bebas. Dengan strateginya tersebut, The Citizen telah berhasil menorehkan banyak gol.

Lantaran strategi dari Pep Guardiola, Manchester City memberikan hadiah berupa upah sebesar 15,2 juta Poundsterling selama 1 tahun sebelum mereka tangani perpanjangan kontrak baru pada Mei silam.

Perpanjangan kontrak tersebut membuat biola akan tetap berada di klub Manchester City sampai musim 2021 mendatang. Tercatat bahwa Pep Guardiola menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi di Liga Premier Inggris.

4. Ernesto Valverde

Ernesto ValverdeUsai serangkaian hasil buruk pada awal musim 2019-2020, manajer Barcelona tengah berada di bawah pressure yang luar biasa dari pihak manajemen maupun para fans.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa rekor domestik yang telah diraih oleh Ernesto Valverde telah mencapai sempurna.

Pelatih asal Spanyol tersebut telah berhasil memenangkan La Liga selama dua musim pertamanya sejak bergabung pada musim panas 2017. Tidak hanya itu, Ernesto Valverde juga meraih trofi Piala Super Spanyol dan Copa Del Rey.

Namun ada satu kekurangan dari seorang Ernesto Valverde. Sampai saat ini, Barcelona belum mampu untuk memenangkan Liga Champions.

Baca Juga: 5 Fakta Sosok Pelatih Lokal yang Akan Mengejutkan Liga 1 Indonesia

Terlihat bahwa La Pulga -julukan Barcelona- sangat menginginkan profit si kuping besar namun sayang mereka disingkirkan secara tragis oleh AS Roma dan Liverpool.

Kendati belum pernah mendapatkan trofi bergengsi di Eropa tersebut, Valverde telah mendapatkan upah dari Barcelona sebesar 24 juta Euro atau 20,2 juta Poundsterling dalam setahun.

Dalam hal ini, Barcelona telah menandatangani kontrak baru pada bulan Maret tahun 2019 ini. Oleh karena itu, Ernesto Valverde menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi kedua di La Liga Spanyol.

5. Diego Simeone

Diego SimeoneDiego Simeone memiliki track record yang sangat cemerlang sebagai seorang pelatih. Usai mengambil alih Atletico Madrid pada tahun 2011, pelatih berkebangsaan Argentina tersebut telah merusak dua rival abadi La Liga Spanyol , Real Madrid dan Barcelona.

Mantan Kapten Argentina tersebut telah berhasil mengubah nasib dari klub Atletico Madrid dengan menorehkan satu gelar Copa Del Rey, satu gelar La Liga Spanyol dan dua gelar Liga Eropa. Tidak hanya itu Atletico Madrid juga telah mencapai final Liga Champions sebanyak 2 kali.

Baca Juga: 5 Fakta Menjadi Pelatih Sukses Ala Indra Sjafri

Untuk saat ini, Diego simeone sedang berada di musim kesembilannya bersama Atletico Madrid. Pelatih berkebangsaan Argentina tersebut berhasil mengubah nama klub Atletico Madrid menjadi salah satu kekuatan di sepak bola benua Eropa. Padahal bisa dibilang mereka hanya memiliki pemain yang biasa-biasa saja.

Lantaran kontribusi dari seorang Diego Simeone, Atletico Madrid memberikan hadiah berupa upah sebesar 35,9 juta Poundsterling dalam satu tahun. Tidak lama ini, pelatih asal Argentina tersebut memperpanjang kontrak bersama Atletico Madrid sampai 2022.

Selalu update berita terbaru seputar 5 Fakta hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here