Aji Santoso Sebut Wasit yang Tidak Becus Layak Dikartu Merah - Vivagoal.com
Aji Santoso Sebut Wasit yang Tidak Becus Layak Dikartu Merah
Sumber: Suara.com

Aji Santoso Sebut Wasit yang Tidak Becus Layak Dikartu Merah

Arie Lihardo - October 25, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menanggapi kinerja wasit dalam beberapa pertandingan terakhir BRI Liga 1 2021/22. Menurutnya, wasit yang keliru dalam mengambil keputusan layak diberi hukuman.

Aji tak mengakui bahwa performa wasit di musim ini tengah menjadi sorotan. Untuk itu, ia meminta seluruh perangkat pertandingan untuk melakukan evaluasi agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Jujur, saya membaca di media manapun wasit menjadi sorotan baik di Liga 1 maupun di Liga 2. Ini seharusnya menjadi motivasi bukan hanya kepada seluruh wasit tapi juga hakim garis,” kata Aji dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10) siang WIB.



“Tujuan hakim garis ini untuk membantu wasit di tengah, padahal itu lebih mudah tinggal lihat saja mana yang lebih dulu pemain depan atau yang belakang. Itu saja kan sebenarnya.”

Hal tersebut berdasarkan keputusan kontrovesial yang terus terjadi sejak kompetisi BRI Liga 1 musim ini bergulir. Untuk itu, Aji tak segan meminta wasit yang kerap melakukan keputusan yang keliru bisa langsung mendapat hukumkan.

“Yang menjadi pertanyaan (wasit) ini mengerti tidak soal aturan. Kalau tidak mengerti kan sebelum pertandingan ada rule of the game. Jadi kita pikirnya macam-macam, itu disengaja atau karena mereka tidak paham,” lanjut Aji.

“Ini kalau wasit melanggar harusnya bisa diberi kartu merah juga dong, jangan hanya pemain saja. Wasit seharusnya juga bisa dikartu merah.”

Memasuki pekan kesembilan, sudah terjadi beberapa keputusan wasit yang cukup kontrovesial. Sebagai contoh yang terbaru ialah di laga Persebaya Surabaya kontra Persela Lamongan pada Kamis (21/10) lalu.

Saat itu, Musthofa Umarella yang bertindak sebagai wasit membuat dua keputusan kontrovesial dengan tak mengesahkan gol Jose Wilkson dan tak menganulir Ivan Carlos.

Atas kejadian tersebut, PSSI selaku induk sepakbola Indonesia kian didesak untuk terus melakukan investigasi dan evaluasi kinerja wasit hingga pekan ke-8 Liga 1 2021/22.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com