Arteta: Sepakbola Itu Berbeda Dengan Bola Basket - Vivagoal.com
Beda Dulu dan Sekarang, Arsenal Kini Memprihatinkan
Foto: HTC

Arteta: Sepakbola Itu Berbeda Dengan Bola Basket

Irman Maulana - December 22, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Pelatih Arsenal, Mikel Areta merasa timnya itu saat ini kurang mendapat keberuntungan yang menyebabkan mereka kerap meraih hasil yang mengecewakan. 

Arsenal hanya memenangkan satu dari 10 pertandingan terakhir Liga Premier dengan tujuh kekalahan. Hingga pekan ke-14, The Gunners harus puas terjerembab ke peringkat 15 klasemen sementara Premier League musim ini.

Jika tak juga berubah, Arsenal bukan tidak mungkin bisa terjun bebas ke zona degradasi karena hanya berselisih empat poin saja dengan Fulham yang berada di peringkat ke-18.

Melihat hasil tersebut, Arteta merasa timnya tidak beruntung pada beberapa kesempatan di musim ini. Ia menegaskan ada faktor yang bekerja melawan klub yang berada di luar kendalinya.

“Setiap skenario yang mungkin terjadi dalam pertandingan Liga Premier adalah Dipertimbangkan di sana, apa yang benar-benar mempengaruhi hasil, apa yang benar-benar memengaruhi apa yang terjadi melalui permainan dalam 96 menit – dan itu berhasil, “ujar Arteta dilansir Goal.

“Tapi sepakbola tidak sama dengan bola basket. Di basket, kamu bisa melakukan tembakan 50 kali dan lawan melakukan hanya sekali, tapi kamu bisa memenangkan setiap pertandingan.


Baca Juga:


“Hal seperti itu tidak bisa bekerja dalam sepakbola. Kamu bisa melakukan hal yang sebaliknya dan kalah 1-0. Kami kalah dari Burnley ketika tidak mendapatkan satu tembakan ke gawang dari lawan.”

Arteta lalu mencontohkan ketika Arsenal di tahun lalu sempat memiliki peluang yang sedikit tapi mampu meraih kemenangan. Ia pun meminta anak asuhnya untuk terus memperbesar peluang mereka mendapat hasil maksimal dan mau mempertahankannya secara konsisten.

“Tidak habis pikir kami harus kalah, tapi itu sayangnya bisa terjadi di sepakbola. Bahkan hal-hal harus kamu kendalikan itu cukup rumit. Saya beritahu kamu akhir tahun lalu kami menang dengan peluang hanya 25 persen. Arsenal sangat efisien ketika masuk ke posisi ini.

“Inilah sepakbola, jika kamu secara konstan memiliki peluang 60 sampai 70 persen dalam jangka panjang, kamu bisa mendapatkan lebih banyak kemenangan dan itu yang sedang Arsenal coba lakukan.

“Lalu percaya bisa mempertahankannya, tetapi terus mau meningkatkan permainan karena selalu ada alasan mengapa kamu tidak bisa menang dan itulah yang harus diubah.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com