Alasan Tuchel Jarang Mainkan Ben Chilwell Musim Ini - Vivagoal.com
Ben Chilwell Terus Dicadangkan, Tuchel: Mentalnya Terganggu Pasca Euro
Ben Chilwell, Foto: dok Tempo

Alasan Tuchel Jarang Mainkan Ben Chilwell Musim Ini

A Hendra - September 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Empat laga yang sudah dimainkan Chelsea di awal musim 2021/2022, belum sekalipun Ben Chilwell beraksi di atas lapangan. Manajer The Blues, Thomas Tuchel menyebut Chilwell sedikit mengalami masalah mental pasca Euro 2020.

Chelsea sejatinya punya tiga pemain yang bisa dimainkan di pos bek kiri, yakni Emerson Palmieri, Marcos Alonso dan Ben Chilwell. Namun diatara ketiga pemain, Chelsea lebih banyak menurunkan Chilwell sepanjang musim lalu.

Sedari era Frank Lampard dan Thomas Tuchel saat ini, Chilwell terus menjadi andalan utama karena dianggap tak ada pemain lain yang sebanding dengannya. Tercatat, Chilwell tampil dalam 33 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Chelsea dengan semuanya nyaris bermain full selama 90 menit.

Namun memasuki musim baru 2021/2022, peruntungan Chilwell berubah drastis. Chelsea yang sejauh ini sudah memainkan empat pertandingan di pentas Premier League, mantan bek Leicester City itu belum sekalipun diberi kepercayaan bermain.

Sebaliknya, Tuchel lebih mempercayakan pos bek kiri kepada Marcos Alonso. Sejauh ini performa bek asal Spanyol itu cukup baik dengan membantu The Blues meraih tiga kemenangan dan satu imbang dari empat laga pembuka musim ini.


Baca Juga:


Alhasil, kondisi Chilwell itu mengundang tanya banyak pihak, terkait keputusan Tuchel memarkirnya di awal musim ini. Tuchel lalu menjelaskan bahwa Chilwell kini sedikit mengalami masalah mentalitas setelah tersisih dari Timnas Inggris di Piala Eropa 2020.

Sepanjang turnamen, Chilwell tak sekalipun dimainkan oleh manajer The Three Lions, Gareth Southgate karena kalah bersaing dengan Luke Shaw.

“Chilwell adalah bagian dari kemenangan di Liga Champions. Dia punya kinerja yang bagus dan mengakhiri musim dengan baik secara umum,” ucap Tuchel dilansir dari talSKPORT.

“Kemudian secara individu dia mengalami kesulitan di Euro. Dia merasa ada kemungkinan dia bisa bermain, tapi ternyata tidak. Jadi itu benar-benar sulit baginya.

“Ketika dia tiba di sini setelah Euro, saya melihat dia mengalami kelelahan secara mental, sedikit mengkhawatirkan situasinya. Chilwell kini harus berusaha keras karena situasi telah berubah untuknya. Jika dia dalam kondisi mental dan sikap yang baik dia bisa bermain kapan saja.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com