Bukti Madrid Tak Berdaya Di Liga Champions Tanpa Ronaldo - Vivagoal.com
Juventus Terlalu Bergantung pada Ronaldo, Pirlo: Real Madrid Juga Sama!
Sumber: Goal

Bukti Madrid Tak Berdaya Di Liga Champions Tanpa Ronaldo

Zikri Adillah - December 2, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Champions – Usai kepergian Cristiano Ronaldo, Real Madrid kerap kesulitan tampil bagus di ajang Liga Champions. Mantan presiden El Real, Roman Calderon pun mengecam Florentino Perez yang sudah melepas Ronaldo.

Sebagaimana yang diketahui, bintang sepakbola asal Portugal tersebut dilego Madrid ke Juventus dengan tebusan sebesar 100 juta euro pada bursa musim panas 2018 kemarin. Ronaldo meninggalkan Madrid dengan sumbangan 450 gol selama sembilan musim.

Selama periode panjang itu, Ronaldo boleh dibilang adalah salah satu figur terpenting Madrid dalam menggondol empat trofi Liga Champions, dimana tiga diantaranya dilakukan secara berturut-turut.

Usai ditinggal Ronaldo, Madrid mengalami penurunan drastis jika tampil di kompetisi tertinggi sepakbola Eropa tersebut. Di musim 2018/19, Madrid yang tanpa Ronaldo sudah harus tersingkir sejak babak 16 besar karena kalah bersaing dengan Ajax Amsterdam.

Sementara pada musim 2019/20 kemarin, Madrid lagi-lagi harus terdepak lebih awal usai bersua Manchester City di babak 16 besar. Dari dua pertemuan tandang maupun kandang, Madrid selalu kalah dengan skor identik, 2-1. 

Teranyar, Los Blancos kini terancam tidak bisa lolos ke babak 16 besar dan tuk kali pertamanya dalam sejarah klub bakal bermain di kasta kedua kompetisi Eropa, yakni Liga Europa. Hal itu terjadi setelah Madrid cuma bisa meraih dua kemenangan dalam lima laga terakhir grup B.

Hasil tersebut membuat Real Madrid kini berada di posisi ketiga dengan raihan tujuh poin, sama dengan yang dipunya Shakhtar Donetsk namun mereka kalah head to head. Madrid bisa saja lolos ke fase gugur andai bisa menang atas Borussia Monchengladbach di laga pamungkas.

Namun misi itu diyakini tidak mudah diwujudkan karena Madrid saat ini dalam periode negatif setelah cuma sekali menang dalam lima laga terakhirnya di semua ajang. Selain itu, di pertemuan pertama, Gladbach juga bisa menahan imbang El Real 2-2, bahkan sempat unggul dua gol lebih dulu sebelum Karim Benzema dan Casemiro mencetak gol di menit-menit akhir.

Situasi Madrid ini membuat Ramon Calderon menuding keputusan Florentino Perez menjual Ronaldo menjadi penyebab Los Blancos kerap tampil memble di pentas Liga Champions.



Baca Juga: 


“Itu adalah kesalahan terbesar Florentino Perez untuk menjual Ronaldo setelah sembilan tahun di tim. Sangat disayangkan karena di Italia, dia menunjukkan bahwa dia masih salah satu yang terbaik di dunia. Sikap dan kondisinya membuatnya tidak terkalahkan.” ucap Calderon pada Sports Mole.

“Tanpa diragukan lagi, dia adalah contoh bagi anak muda yang bercita-cita sukses di dunia olahraga.” pungkasnya.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com