Cristiano Ronaldo, Sosok yang Tidak Suka Kegagalan

0
64
Ronaldo Portugal
Sumber: Goal

Vivagoal Serie A – Mental, etos kerja serta semangat juara Cristiano Ronaldo tak perlu diragukan lagi. ia tak segan meluapkan kekecewaannya ketika ia merasakan kegagalan meski itu hanya sekedar latihan.

Costinha yang merupakan mantan rekan satu tim Ronaldo di timnas Portugal sudah sejak lama memperhatikan sikap Ronaldo bahkan dalam sesi latihan. Cerita menarik ia dapatkan ketika menyaksikan Ronaldo berlatih jelang laga menghadapi Bayern Munich dalam leg kedua semi-final Liga Champions 2011/12.

Saat itu Ronaldo dan rekan satu timnya di Madrid melakukan latihan tendangan sebanyak 20 kali. Ronaldo yang hanya gagal mencetak satu gol dari kesempatan itu terlihat begitu kecewa. Jose Mourinho yang melatih sendiri kala itu justru menggunakannya untuk melecut semangat Ronaldo.

“Suatu hari, para pemain Madrid berlatih menembak ke gawang yang dijaga seorang kiper. Dalam 20 kesempatan menembak, dia [Ronaldo] hanya gagal sekali memasukkan bola ke gawang,” kata Costinha kepada Goal.

“Pemain lain rata-rata gagal memasukkan bola enam hingga sepuluh kali. Ketika Cristiano gagal sekali, para pemain lain mengejeknya dan dia terlihat sangat kecewa.”

“Dia kemudian mengambil sekantong penuh berisi bola, lalu berlatih sendirian menembak bola. Bagi dirinya, dia harus bisa sempurna mencetak gol dari 20 kesempatan itu. Ada berapa banyak pemain yang seperti dia?


Baca Juga:


“Itu menunjukkan mentalitas dan karakternya. Dia tidak membiarkan dirinya untuk gagal bahkan itu hanya sekali. Ini hal yang sangat penting. Banyak orang yang salah memahaminya ketika melihat Ronaldo menunjukkan wajah kecewa saat tembakannya meleset.”

“Saya bahkan sempat bertanya ke Mourinho usai latihan, ‘Mengapa Cristiano seperti itu?’ Lalu dia bilang, ‘Biarkan saja, dia akan siap.’ Dia sangat fokus dengan apa yang dilakukannya sehingga tidak terima dengan satu kegagalan saja. Dia adalah sosok pribadi dan pesepakbola yang fantastis.”

Costinha menambahkan jika tekad baja yang ditunjukkan Ronaldo sudah sejak lama terlihat. Semua orang tentu menyukainya kecuali mereka yang cemburu dengan Ronaldo.

“Dia terus berlatih untuk jadi yang terbaik. Dia sungguh-sungguh membuat kami takjub. Perlahan dia berhasil mengamankan tempat di timnas, dan Portugal mendapatkan manfaat dari karakter dan kepemimpinannya,” lanjut Costinha.

“Dia bekerja dengan keras. Dia tidak mau hanya sekedar duduk manis dan menunggu. Dia selalu mencari cara untuk menjadi pemain yang lebih baik setiap harinya. Dia pun semakin berkembang pesat saat di Manchester United, tapi dia masih ingin terus berkembang.”

“Tidak mungkin untuk tidak mencintai Ronaldo, kecuali jika Anda cemburu dengannya. Dia adalah orang yang rendah hati dan saya sangat senang dengan kesuksesan yang diraihnya. Saya bangga pernah melihatnya secara langsung untuk bisa berkembang menjadi yang terbaik seperti saat ini,” pungkas Costinha.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here