Drama! Kroasia Pulangkan Jepang Lewat Adu Penalti - Vivagoal.com
Sumber: twitter.com/FIFAWorldCup
Sumber: twitter.com/FIFAWorldCup

Drama! Kroasia Pulangkan Jepang Lewat Adu Penalti

Daniel Nugraha - December 6, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalPiala Dunia 2022Timnas Kroasia berhasil melangkah ke babak perempat final usai memulangkan Timnas Jepang melalui babak adu penalti. 

Pertandingan antara Kroasia melawan Jepang dilaksanakan di Stadion Al Janoub, Senin (5/12), malam WIB. Jepang tentunya berniat memberikan kejutan saat melawan Kroasia, seperti yang mereka lakukan di fase grup kemarin.

Duel berjalan sengit di mana Jepang banyak mendapatkan peluang mencetak gol. Salah satunya dari Daizen Maeda pada menit ke-13, lalu dilanjutkan Daichi Kamada di menit ke-40. Namun, serangan counterattack cepat yang dilakukan Samurai Biru belum bisa menjebol gawang Kroasia.

Sengit! Kroasia Pulangkan Jepang Lewat Adu Penalti
Sumber: Detik Sport

Akhirnya, pada menit ke-43, gol yang diinginkan oleh Jepang muncul. Daizen Maeda sukses memanfaatkan dengan baik umpan dari punggawa SC Freiburg, Ritsu Doan, yang dilanjutkan dengan heading Maya Yoshida. Skor 1-0 menutup babak pertama.


Baca Juga:


Tertinggal 1-0, Kroasia langsung melancarkan serangan tajam ke Jepang tanpa henti di babak kedua. Terbukti, pada menit ke-56, bek Tottenham Hotspur, Ivan Perisic, sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kroasia sendiri mendapatkan peluang lagi di menit k3-63 dan 66 lewat Luka Modric dan Ante Budimir. Namun, kedua peluang tersebut masih berhasil digagalkan oleh lini belakang Jepang. Hingga peluit panjang, skor masih bertahan 1-1, sehingga pertandingan dilanjutkan lewat babak tambahan.

Di babak tambahan sendiri, baik Jepang dan Kroasia memiliki peluangnya masing-masing. Namun, tidak ada satupun yang berbuah gol, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak penalti, dan ini menjadi pertandingan pertama di Piala Dunia 2022 yang sampai babak tersebut.

Pada babak penalti, Jepang bisa dibilang kurang beruntung. Dari empat percobaan tembakan, tiga di antaranya gagal. Sedangkan, Kroasia berhasil mencetak tiga dari empat tembakan penalti. Sehingga, Kroasia berhasil melangkah ke partai perempat final dan memulangkan Jepang.

Di perempat final nanti, Kroasia akan bertemu antara Timnas Brasil atau Timnas Korea Selatan yang baru bermain pada Selasa (6/12), dini hari WIB. Sedangkan, Jepang harus menjadi tim kedua dari daratan Asia yang pulang, menyusul Timnas Australia. (MI)

Selalu update berita bola terbaru seputar Piala Dunia 2022 hanya di Vivagoal.com