Ferdinand: Kegagalan Barcelona Dimulai Sejak Neymar Pergi - Vivagoal.com
Ferdinand: Kegagalan Barcelona Dimulai Sejak Neymar Pergi
Sumber: Fajar.co.id

Ferdinand: Kegagalan Barcelona Dimulai Sejak Neymar Pergi

Zikri Adillah - August 17, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Champions – Kepergian Neymar, tampaknya membuat Barcelona kerap kesulitan bermain di Liga Champions. Legenda Manchester United yang kini bekerja sebagai pundit menyebut, Barca sudah melakukan kesalahan besar dengan melepas Neymar.

Bintang sepakbola Brasil tersebut dilego Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan tebusan mencapai 222 juta euro. Neymar meninggalkan Camp Nou dengan sumbangan 105 gol dan 77 assist.  

Neymar sendiri merupakan salah satu figur terpenting skuad Blaugrana dalam menggondol 9 trofi juara, termasuk satu treble winners dan tiga gelar La Liga periode 2013 hingga 2017.

Usai ditinggal Neymar, Barcelona mengalami penurunan drastis dengan hanya bisa meraih empat trofi dalam tiga musim terakhir. Rinciannya, dua trofi La Liga, satu Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol. Di ajang Liga Champions, pencapaian tertinggi Blaugrana hanya sampai babak semifinal dengan dua musim beruntun tersingkir di babak perempatfinal.

https://www.instagram.com/p/CD0SUoaHhRx/?utm_source=ig_web_copy_link

Menurut Rio Ferdinand, penurunan performa Barcelona ini terjadi karena melakukan kesalahan di bursa transfer. Utamanya ketika mereka menjual Neymar. Namun hingga saat ini Barca tak kunjung mendapatkan pengganti yang sepadan dengan bomber berusia 28 tahun tersebut.

“Saya pikir melepas Neymar sejauh ini adalah sebuah kesalahan besar. Barcelona sudah menghabiskan 800 juta pounds untuk mencari penggantinya, tapi lihatlah mereka tetap masih bergantung pada Messi. Mereka tidak membelanjakan uang itu dengan bijak.” ucap Ferdinand dilansir dari Express.

Perlu diketahui, dalam tiga musim terakhir atau sejak kepergian Neymar, Barcelona sudah mengeluarkan banyak uang hingga mencapai 715 juta euro atau setara Rp 11,46 triliun untuk belanja pemain. Adapun Ousmane Dembele, Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann jadi pembelian termahal dengan masing-masing dibanderol diatas 100 juta euro.


Baca Juga: 


Sayangnya, ketiga pemain di atas malah gagal menunjukkan performa meyakinkan selama membela Blaugrana. Bahkan Coutinho yang berstatus pembelian termahal Barcelona sepanjang sejarah klub dan jadi pemain ketiga termahal di dunia setelah Neymar dan Mbappe saat ini harus menjalani masa peminjaman bersama Bayern Munchen.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com