Haaland Vs Mbappe: Menyambung Rivalitas Ronaldo & Messi - Vivagoal.com
Mbappe Haaland

Haaland Vs Mbappe: Menyambung Rivalitas Ronaldo & Messi

Vivagoal - February 26, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Obrolan Vigo – Perkembangan sepakbola selalu menjadi tontonan yang patut kita pantau perkembangannya, baik dari segi kompetisi, liga, pemain dan hal unik di luar lapangan. Terutama pemain, mereka bak aset berharga bagi klub. 

Dari masa ke masa, selalu saja muncul pemain-pemain baru. Sekitar tahun 2007 muncul sosok dua pemain alien yang mulai menguasai sepakbola dunia dengan menjadi tiga besar finalis Ballon D’or

Mereka adalah Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro yang berasal dari Portugal dan Lionel Andres Messi yang lahir di Argentina. 

Berkat kontribusi mereka dalam timnya masing-masing,  keduanya melejit dan mulai dikenal oleh masyarakat seluruh dunia, Keduanya bahkan mereka berhasil menembus nominasi Ballon D’or dan juga mencapai tiga besar dalam nominasi tersebut. 

Pada umur yang masih terbilang muda, CR7 dan Messi bahkan bisa mengalahkan pemain-pemain hebat dunia pada masa itu, seperti Andrea Pirlo, Didier Drogba, Robinho dan Ronaldinho.

Namun “duo alien” tersebut harus kalah dalam perhargaan bergengsi Ballon d’Or oleh pesepakbola spektakuler asal Brazil, Ricardo Kaka.

Kejayaan Messi dan Ronaldo

Messi Ronaldo

Meski pada periode tersebut Kaka menjadi yang terbaik, tapi Messi maupun Ronaldo tidak patah semangat. Mereka menunjukkan kelasnya sebagai pemain dunia dengan memenangi penghargaan Ballon d’Or  pada tahun-tahun berikutnya. 

Messi berhasil memenangi 6 trofi Ballon d’Or  (2009,2010,2011,2012,2015,2019) sedangkan Ronaldo berhasil memenangkan 5 trofi Ballon d’Or  (2008,2013,2014,2016,2017). 


Baca Juga: 


Sebuah prestasi yang sangat fantastis. Sebagian bahkan menganggap pencapaian keduanya sukar dipercaya. 

Semakin berkembangnya zaman, kedua pemain hebat tersebut “termakan” oleh usia, yang sekarang bisa dibilang “masa pensiun”. Kini Messi sudah menginjak usia 33 tahun sedangkan Ronaldo sudah berumur 35 tahun. Usia yang terbilang cukup sulit untuk kembali ke performa terbaik. 

Masa Kritis Messi dan Ronaldo

Messi dan Ronaldo di Mata Kevin-Prince Boateng

Bisa kita lihat pada pertandingan mereka sebelumnya, kala FC Barcelona yang sedang dalam “masa kritis” nya harus “jungkir balik” ketika baru memulai regenerasi pemain dan peran seorang dari Messi masih terbilang sangat vital bagi tim tersebut. 

Pada pertandingan terakhir FC Barcelona di ajang Champions League, mereka berduel dengan raksasa Prancis, Paris Saint Germain (PSG). Tim besutan Ronald Koeman tersebut harus di obrak-abrik oleh tim asal Prancis tersebut dengan skor akhir 1-4 untuk kemenangan PSG. 

Sementara Juventus yang dibela oleh Cristiano Ronaldo, juga harus merasakan perjalanan pahit musim ini. Di ajang Serie A, Juventus kini berada di peringkat tiga dan terpaut poin cukup lebar dari duo Milan. 

Sementara dalam lanjutan  Liga Champions, Juventus juga harus tunduk pada tim asal Portugal FC Porto dengan skor akhir 2-1. 

Berkaca pada dua hasil terbaru Messi dan Ronaldo, terlihat peran kedua pemain terbaik dunia tersebut kini sudah mulai perlahan memudar tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Era Baru Dimulai

Usai Messi dan Ronaldo Pensiun, Mbappe Bakal Koleksi Banyak Ballon d'Or
Kylian Mbappe. Sumber: beiNSPORTS

Ketika FC Barcelona berhasil dipaksa tunduk oleh PSG, Kylian Mbappe mencuri perhatian. Pemain muda asli Prancis tersebut mencetak trigol di Camp Nou dan menjadi salah satu dari tiga pemain dunia yang berhasil mencetak trigol di kandang FC Barcelona dalam ajang Liga Champions.

Lalu ada juga pemain muda yang sedang jadi aset panas, Erling Braut Haaland, pemain muda Borussia Dortmund. Meski berstatus wonderkid, Haaland punya segudang penghargaan termasuk Golden Boy Award  2020, mengalahkan pemain-pemain muda hebat dunia seperti Jadon Sancho, Alphonso Davies, Ansu fati,dll

Kini dunia mulai berbincang mengenai rivalitas baru antara Mbappe dan Haaland. Keduanya seolah menggantikan rivalitas duo alien yaitu Messi vs Ronaldo. 

Patut dinantikan, mampukah Mbappe dan Haaland mengalahkan dua pemain hebat dunia sepanjang sejarah sepakbola? atau apakah akan ada pemain-pemain muda dunia yang kini mulai bersinar di tim mereka masing-masing? 

Terlepas dari pertanyaan itu semua, marilah kita sejenak menikmati ‘masa-masa akhir’ dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Membandingkan keduanya bak jalan tak berujung. Jelasnya sejarah mencatat, keduanya pernah menjadi pemain terbaik.  

Sementara itu, patut dinantikan, perkembangan dari rivalitas Mbappe dan Haaland. Semoga saja mereka bisa saja terus konsisten dengan performa terbaiknya dan menghibur kita semua sebagai penikmat sepakbola. 

Ditulis oleh Farhan Irsyad, mahasiswa tingkat akhir Universitas Pertamina