Jangan Terburu-buru Jadikan Fabinho Pengganti Van Dijk, Kenapa?

0
43
Jangan Terburu-buru Jadikan Fabinho Pengganti Van Dijk, Kenapa?
Sumber: The Independent

Vivagoal – Liga Champions – Legenda Manchester United, Rio Ferdinand meminta publik untuk tidak buru-buru menjadikan Fabinho sebagai pengganti sempurna Virgil Van Dijk yang cedera.

Jelang laga melawan Ajax di pembuka Grup D Liga Champions, Liverpool sudah harus kehilangan Van Dijk. Bek asal Belanda tersebut harus menepi lama karena cedera ACL yang diderita saat melawan Everton.

Jurgen Klopp kemudian mengambil keputusan untuk menempatkan Fabinho di pos yang di tinggalkan Van Dijk. Pemain asal Brasil itu kemudian tampil gemilang membantu mengawal gawang The Reds dan mengunci kemenangan 0-1 atas Ajax.

Fabinho tampil gemilang di laga tersebut. Tercatat ia mampu melakukan sembilan kali clearance, empat tekel, empat intersep, dan empat kali duel di laga tersebut. Publik pun menyebut Fabinho adalah pengganti sempurna untuk absennya Van Dijk.

Namun hal tersebut segera dibantah oleh Ferdinand. Menurutnya penilaian untuk menjadi pengganti Van Dijk tidak bisa dilakukan hanya dalam beberapa pertandingan, namun perlu waktu satu musim.

“Dengar, orang ini [Fabinho] adalah operator papan atas. Dia juga sering bermain sebagai bek kanan saat masih bermain di Monaco, jadi dia tahu bagaimana cara bertahan,” ujar Ferdinand kepada BT Sport.

“Namun ia baru bisa dinilai dari satu musim, bukan hanya dari beberapa pertandingan saja. Sekarang dia punya kesempatan untuk tampil di sana dalam waktu yang lama, dan dia harus membuktikannya secara konsisten,” lanjutnya.

Ferdinand menambahkan jika absennya Van Dijk akan menjadi beban bagi para pemain yang menjadi penggantinya. Bukan hanya Fabinho, beban tersebut juga akan dirasakan oleh bek muda Liverpool yakni, Joe Gomez.

“Pada babak pertama dia (Fabinho) melakukan dua atau tiga kali jegalan di tepi kotak penalti untuk menghentikan serangan lawan, dan dia bisa membaca permainan dengan sangat baik hari ini,” tambah Ferdinand.


Baca Juga:


“Masalahnya adalah dia harus menggantikan peran salah satu bek terbaik di dunia, atau bek terbaik di dunia saat ini. Itu adalah tekanan yang sangat besar, bukan cuma untuk dia, tetapi juga untuk Joe Gomez.”

“Ini bisa menjadi tekanan [buat Gomez] sebab dia merupakan bek murni, dia akan disorot dengan harapan sebagai pemimpin lini pertahanan sekarang. Bisakah dia melakukannya? Itulah pertanyaan yang harus diberikan,” pungkasnya.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here