Jerman Melakukan Kesalahan Besar Atas Penampilan Buruknya, Apa? - Vivagoal.com
Jerman Melakukan Kesalahan Besar Atas Penampilan Buruknya, Apa
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew. Sumber: The Independent

Jerman Melakukan Kesalahan Besar Atas Penampilan Buruknya, Apa?

Fido Moniaga - October 13, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga – Buruknya penampilan timnas Jerman sepanjang tahun 2020 ini membuat Joachim Loew panen kritikan. Legenda Schalke, Olaf Thon bahkan menganggap keputusan federasi tetap mempertahankan Loew pasca hancur-hancuran di Piala Dunia 2018 adalah sebuah kesalahan besar.

Dalam empat laga beruntun di ajang UEFA Nations League, timnas Jerman besutan Joachim Loew tercatat hanya bisa meraih satu kemenangan dengan tiga laga lainnya berakhir imbang. Hasil ini membuat Jerman harus puas berada di posisi kedua League A grup 4 dibawah Spanyol dengan torehan 6 poin dan 12 poin maksimal yang bisa didapatkan.

Teranyar ketika Jerman yang sempat tiga kali memimpin atas Turki, gagal mempertahankan keunggulannya setelah Turki tiga pula bisa menyamakan kedudukan dan membuat laga tuntas dengan skor sama kuat 3-3.

Hasil ini langsung memicu kemarahan para dedengkot timnas Jerman. Setelah Lothar Matthaus mengatakan bahwa saat ini tidak ada lagi orang di Jerman yang mau menonton skuad besutan Loew. Terbaru ada mantan gelandang Die Mannschaft, Olaf Thon yang menilai Loew tidak becus mengelola skuad Jerman yang bertabur bintang.

Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, pasalnya sejak tampil buruk di ajang Piala Dunia 2018, yang mana Jerman cuma bisa jadi juru kunci grup F dan gagal lolos ke fase 16 besar karena kalah bersaing dengan Korea Selatan, Meksiko dan Swedia, hasil kurang optimal masih kerap didapatkan Jerman-nya Loew.


Baca Juga:



Dari 20 laga yang sudah dijalani usai Piala Dunia 2018, Joachim Loew hanya bisa mempersembahkan 10 kemenangan dengan 7 laga lainnya berakhir imbang dan 3 sisanya kalah. Untuk tim sebesar Jerman, catatan diatas jelas jauh dari kata bagus.

Menurut Olaf Thon, federasi sepakbola Jerman sudah melakukan kesalahan dengan tetap mempertahankan Loew sebagai pelatih usai Piala Dunia 2018 meski pria 60 tahun itu pernah berhasil membawa timnas Jerman juara Piala Dunia 2014 silam.

“Andai terserah saya, Loew seharusnya sudah dipecat sejak Piala Dunia 2018 kemarin. Ada begitu banyak putusan personal yang tak masuk akal. Secara umum, saya melihat tim ini kekurangan gen pemenang, atau kemauan luar biasa tuk mempertahankan keunggulan hingga garis finish.” tegas Olaf Thon dilansir dari Kicker.

“Itu jadi alasan Loew seharusnya dipecat saja. Memang dia sudah menangani timnas dengan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, tapi dia harus rela memberikan tempat buat yang lain setelah kekecewaan pada 2018 kemarin.” tegasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com