Koeman Tunjukkan Cara Barcelona Kurangi Ketergantungan Kepada Messi

0
96
Lionel Messi dan Ronald Koeman
Lionel Messi dan Ronald Koeman (Sumber: Twitter Barcelona)

Vivagoal La Liga – Ronald Koeman datang membawa misi besar untuk melakukan perubahan dalam skuad Barcelona. Tak main-main, pelatih asal Belanda itu langsung menunjukkan pada laga perdana Barca di La Liga dengan mengurangi peran Messi di atas lapangan.

Adapun laga yang dimaksud adalah kemenangan 4-0 Blaugrana atas Villarreal di Camp Nou, Senin (28/9/2020) kemarin. Barca tampil begitu solid dengan bermain dalam formasi 4-2-3-1 yang sekaligus merubah peran beberapa pemain.

Perubahan yang paling kentara terjadi pada sosok sang mega bintang, Lionel Messi. Pemain asal Argentina itu dimainkan sebagai penyerang tengah dengan disokong oleh Ansu Fati di sisi kiri, Antoine Griezmann di pos sayap kanan dan Philippe Coutinho sebagai second striker.

View this post on Instagram

💯💯💯 @trincao

A post shared by FC Barcelona (@fcbarcelona) on

Skema ini menunjukkan bagaimana Koeman ingin mengurangi ketergantungan Barca pada sosok Messi yang sudah berlangsung selama hampir 16 tahun terakhir. Tidak salah memang, tapi sudah waktunya berubah menurut Koeman.

Dan hal tersebut sangat terlihat dalam dua gol pertama Barcelona yang dicetak oleh Ansu Fati. Proses terciptanya dua gol itu sama sekali tidak melibatkan Messi. Ansu Fati mencetak gol pertamanya usai menerima umpan dari Jordi Alba, sementara gol keduanya berkat assist dari Coutinho.


Baca Juga:


Messi sendiri, meski berperan sebagai penyerang tengah tapi sebenarnya dia diberi kebebasan bermain di atas lapangan, tidak tergantung posisi. Tapi dengan pola 4-2-3-1, Messi jadi tidak terlalu banyak menyentuh bola. Koeman seperti tidak lagi berharap Messi membuat momen-momen ajaib untuk mencetak gol dan mengkreasikan peluang.

Meski Messi masih luar biasa untuk dua pekerjaan itu, tapi itu bukan peran utamanya sekarang. Karena sudah ada Coutinho yang memikul peran sebagai playmaker dan itu sudah dijawabnya dengan satu assist.

Messi sedianya masih penting tapi dia tidak lagi memikul beban tim sendirian. Dan inilah yang sekarang dilakukan Koeman. Kendati begitu, taktik dan formasi Koeman juga masih mungkin berubah-ubah tergantung siapa lawan yang dihadapi. Dan Villareal adalah percobaan pertama dan eksperimen Koeman terbilang sukses.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here