Madura United: Liga 1 Jangan Seperti ISC! - Vivagoal.com
Madura United: Liga 1 Jangan Seperti ISC!
Madura United – Suara

Madura United: Liga 1 Jangan Seperti ISC!

Rachmat Ramadhan - May 9, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga –Usulan penghapusan sistem degradasi di Liga 1 Musim depan menjadi polemik baru sepakbola Indonesia. Tim terbaru yang menegaskan penolakannya adalah Madura United.

Madura United lewat Direktur pengelola PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Zia Ulhaq menyatakan tidak setuju dengan usulan penghapusan sistem degradasi. Ia melihat sistem ini sangat familiar dengan Indonesia Soccer Championship dan ia tidak ingin hal ini diadopsi oleh Liga 1.

Seperti yang diketahui sebelumnya, ISC adalah kompetisi tandingan yang dilakukan saat sepakbola Indonesia dibekukan Kemenpora pada tahun 2016 lalu. Peristiwa ini dikenal dengan istilah dualisme di mana PSSI dan Kemenpora saling berseteru yang mengakibatkan pembekuan Indonesia dari FIFA di masa itu.

Zia Ulhaq mengatakan kalau Madura United sangat menghargai sistem promosi dan degradasi. Hal ini merupakan alasan kompetisi ini diadakan.

“Pelaksanaan kompetisi amanatnya adalah promosi dan degradasi. Tidak ada alasan bahwa kompetisi tanpa promosi dan degradasi,” tulis Zia dalam keterangan resmi lewat akun official Madura United di Instagram.

Madura United mempersiapkan segala kemampuan mereka untuk menjalani Liga 1 yang kompetitif. Hal itu tidak akan berjalan dengan baik jika sistem promosi dan degradasi dihilangkan dari kompetisi Liga 1.


Baca Juga:


“Persiapan Madura United selama ini adalah pelaksanaan kompetisi yang kompetitif dengan adanya promosi dan degradasi, bukan persiapan untuk sebuah turnamen seperti ISC tahun 2016,” tambahnya.

Gaduhnya penolakan beberapa klub mengenai keputusan penghapusan sistem degradasi ini muncul dari pernyataan PLT Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Ia mengatakan adanya usulan dari klub mengenai hal tersebut dan akan dibahas dalam Kongres tahunan PSSI yang akan digelar 29 Mei mendatang.

Usulan ini datang terkait pandemi yang saat ini melanda. Tidak hanya Madura United, sebelumnya Borneo FC, Persib Bandung, Persipura Jayapura, Bali United dan Persebaya juga menyuarakan penolakan terhadap usulan tersebut. (ARI)

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com