Melihat Lagi Statistik Luis Suarez Yang Tak Dibutuhkan Ronald Koeman

0
47
Luis Suarez Barcelona
Striker andalan Barcelona, Luis Suarez usai cetak gol (Sumber: Twitter)

Vivagoal La LigaLuis Suarez tidak ada dalam rencana pelatih anyar Barcelona, Ronald Koeman. Bagaimana sih statistik Suarez di Barcelona sampai dipersilahkan keluar oleh Koeman meski masih memiliki kontrak semusim lagi di tim Catalan.

Sebelumnya, menurut laporan RAC1, Koeman telah berbincang langsung dengan Suarez melalui sambungan telepon, Selasa (25/8/2020) waktu setempat. Pria asal Belanda tersebut mengklaim bahwa penyerang asal Uruguay itu tidak masuk dalam rencana skuadnya musim depan.

Kontrak Luis Suarez sendiri sedianya baru akan habis pada musim panas 2021 mendatang, namun situasi ini membuat manajemen Barca berniat memutus kontrak si pemain. Namun Suarez sepertinya tak perlu khawatir, sebab sudah ada beberapa klub yang mengantri untuk mendapatkan tanda tangannya, seperti PSG dan Ajax Amsterdam.

Sejatinya, Suarez sebenarnya masih cukup berbahaya jika dimainkan sebagai penyerang nomor sembilan Barcelona, meski usia tidak bisa berbohong. Pada 24 Januari 2021 nanti, Suarez bakal berumur 34 tahun, usia yang bisa dibilang tidak muda lagi untuk kategori pemain sepakbola.


Baca Juga:


Sejak didatangkan dari Liverpool pada musim panas 2014 silam, Suarez langsung membayar impas kepercayaan itu dengan menjadi mesin gol Blaugrana dan tampil begitu padu dengan Lionel Messi, motor serangan El Barca.

Selama enam musim bermain di Camp Nou, Suarez sudah membukukan 283 penampilan di semua ajang dengan torehan 198 gol dan 109 assist. Di level LaLiga Spanyol, berdasarkan catatan Opta, Suarez sudah membobol gawang semua tim yang pernah ia hadapi. Menurut Opta, total ada 29 klub yang sudah jadi korban keganasan Suarez di depan gawang hingga saat ini.

Dari jumlah sebanyak itu, gawang Eibar dan Real Betis jadi yang paling sering dibobol El Pistolero. Tercatat ada 13 gol yang Suarez bukukan ke gawang masing-masing klub itu. Real Madrid dan Sevilla menempati urutan kedua dalam daftar ketajaman Suarez yang gawangnya paling sering dibobol. Total sudah 11 kali gawang Los Blancos dan Los Nervionenses dijebol oleh Suarez.

Secara keseluruhan, enam musim memperkuat Blaugrana, Suarez sudah melesakkan 147 gol dan mengkreasikan 74 assist dalam 191 penampilan di ajang Liga Spanyol. Selama periode itu juga, catatan gol Suarez tiap musimnya di Barcelona hanya kalah dari Lionel Messi.

Musim 2015/2016 menjadi musim tergila Suarez usai membukukan 59 gol dari 53 penampilan. Sementara Messi di musim yang sama hanya mampu mengemas 41 gol di semua ajang kompetisi.

Masih berdasarkan catatan Opta, Suarez juga tercatat sampai sekarang ini merupakan pemberi assist terbanyak buat Lionel Messi dengan 44 assist jauh melewati capaian bek Dani Alves yang pernah menyumbang 26 assist, dan Neymar yang hanya 22 assist.

Dengan semua catatan ini, bagaimana Koeman, masih mau melepas Suarez?

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here