Keputusan Baru Soal Penentuan Juara Serie A Mulai Musim Depan - Vivagoal.com
Operator Serie A Siapkan Dua Pesta Juara di Milan dan Sassuolo
Trofi Serie A, AC Milan, Foto: dok Sport Detik

Keputusan Baru Soal Penentuan Juara Serie A Mulai Musim Depan

A Hendra - June 29, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A – Ada yang baru di Serie A musim 2022/2023. Federasi sepakbola Italia (FIGC) mengizinkan diadakannya laga playoff untuk penentuan scudetto jika dua tim teratas memiliki poin sama.

Sebelumnya, penentuan juara Serie A jika ada dua tim dengan poin sama adalah melalui rekor head to head semusim. Tapi untuk musim depan, sistem penentuan juara Serie A jika ada dua tim mengantongi poin sama mulai ditinjau untuk dirubah.

Menurut laporan La Gazzetta Dello Sport, Presiden FIGC Gabriele Gravina baru saja menerima proposal Lega Serie A untuk penggunaan sistem Playoff apabila kondisi itu terjadi musim depan.

Serie A Wacanakan Gelar Playoff Untuk Penentuan Titel Juara
AC Milan Juara Serie A 2021/2022, Foto: dok Bola Okezone

Artinya, pihak Serie A tidak akan lagi menentukan juara melalui head to head, selisih gol, jumlah gol atau jumlah kebobolan. Sebab, playoff akan menentukan siapa yang berhak meraih scudetto jika ada dua tim punya poin sama. Gagasan ini dimunculkan agar perebutan gelar juara di pekan terakhir jadi lebih menarik.

Nantinya, jika ada dua tim teratas ternyata punya poin sama di klasemen akhir, maka akan dilangsungkan satu laga tambahan antara dua tim tersebut untuk memperebutkan scudetto.


Baca Juga:


Ada pun format laganya adalah satu pertandingan selama 90 menit dan langsung masuk adu penalti apabila skor tetap imbang. Playoff ini sendiri hanya dipakai untuk penentuan juara Serie A. Sementara untuk persaingan memperebutkan tiket ke zona Eropa dan degradasi masih tetap memakai sistem head to head.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com