Obrolan Vigo: Patahnya Dominasi Bayern dan PSG di Eropa

0
323
Patahnya Dominasi PSG dan Bayern Munchen

Vivagoal Berita Bola – Tak ada yang memungkiri jika Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain merupakan dua klub yang mendominasi liga domestik mereka masing-masing. Bayern misalnya, status mereka sebagai raksasa Jerman memang tak bisa dipungkiri.

Sejak lama, tim berjuluk FC Hollywood tersebut memang kerap merajai Bundesliga.  Hal tersebut bisa dilihat dari raihan juara liga. Sejak Bundesliga digelar pada tahun 1963 silam, Bayern sukses mendominasi liga dengan torehan 29 gelar juara. Kompetitor terdekat mereka, Borrusia Moenchengladbach dan Borrusia Dortmund hanya mampu merengkuh 5 gelar.

Hal ini jelas menunjukan kejomplangandari sisi manapun. Bahkan dalam 7 musim terakhir, Bayern seakan menjadi penguasa tunggal kasta tertinggi sepak bola Jerman tersebut.

Hal ini tentu tak lepas dari kebijakan transfer yang mereka lakukan serta stabilnya neraca finansial yang mereka miliki. Dengan dua aspek tersebut, Bayern bisa mendatangkan bintang manapun yang mereka sukai. Tak heran jika julukan FC Hollywood melekat pada mereka.

Baca Juga: Serie A, Liganya Kakek-Kakek

Sementara PSG, sejatinya merupakan kekuatan klasik di kancah Ligue 1. Namun status mereka bukanlah tim sebesar sekarang.  Tim asal Ibu Kota Prancis ini prestasinya memang tak terlalu mentereng sebelum di take over oleh Qatar Sports Investment (QSI) pimpinan Nasser Al Khelaifi pada 2008 silam.

Bedasarkan transfermarkt, sebelum mendapatkan tumpahan dana segar dari Qatar PSG hanyalah tim yang bersaing di papan tengah. Hal tersebut dapat dilihat sejak musim 2005/06.

Les Peresiens hanya mampu bersaing memperebutkan zona piala UEFA. Tak jarang pula mereka berada di luar posisi 10. Namun sejak QSI datang, PSG tak lagi sama.

Mereka sukses mendominasi Liga delapan musim sejak proses akuisisi berjalan. PSG sukses merengkuh enam gelar Ligue 1, Empat Coupe de France, lima Coupe de Ligue dan 6 Trophee Des Champions!

Boleh dibilang, kedua klub tersebut sangat berperan dalam liga mereka masing-masing. Bedanya, PSG sukses dengan suntikan dana taipan Arab sementara hal yang sama tak berlaku untuk Bayern Munchen yang dikenal memang memiliki kekuatan finansial melalui jalur prestasi serta branding klub yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here