Kaleidoskop Serie A 2018/19: Dominasi Juventus dan Kejutan Akhir Musim - Vivagoal.com
Kaleidoskop Serie A

Kaleidoskop Serie A 2018/19: Dominasi Juventus dan Kejutan Akhir Musim

Dimas Sembada - July 10, 2019
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Serie A – Juventus seakan berada di dimensi lain sepak bola Italia setelah berhasil menjuarai Serie A musim 2018/19, keberhasilan itu turut memperpanjang rekor yang memenangi Scudetto delapan kali secara beruntun. Di samping dominasi Juventus di Negeri Pizza, tersemat pula berbagai kejutan yang wajib masuk dalam buku sejarah Serie A. Apa saja daftarnya?

Merunut ke bursa transfer musim panas 2017/18, Juventus berhasil mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dengan mahar 100 Juta Euro. Angka tersebut lumayan besar mengingat Ronaldo sudah berusia 33 tahun. Selain itu, kembalinya AC Parma ke Serie A juga patut menjadi headline.

Bahkan menjelang akhir musim, terdapat banyak kejutan lain. Kini, seiring berakhirnya musim kompetisi Serie A, Vivagoal coba merangkum beragam sejarah, data, angka, dan rekor yang terjadi selama satu musim ke belakang di kancah Serie A.

Transfer Musim Panas: Juve, Roma, Milan dan Inter Datangkan Pemain Kunci

Semusim Sebelum Ke Juve Milan Ingin Datangkan RonaldoJuventus berhasil menggemparkaan dunia saat mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dengan mahar 100 Juta Euro. Bagaimana tidak, meski punya nama besar, Ronaldo sudah menginjak usia 33 tahunnsaat hijrah ke Juventus.

Hasilnya kedatangan  CR7 ke Italia membuat beberapa pihak pesimis superstar asal Portugal itu akan moncer di Serie A. Tapi seiring berjalannya waktu, Ronaldo mampu membuktikan diri dan membungkam segara kritikan.

Selain sukses mendatangakan CR7, Juve berhasil mengamankan Jose Cancelo, Mattia Perrin, Douglas Costa, Leonardo Bonnuci, dan Emre Can. Semua pemain yang didatangkan Juve rata-rata mengisi starting line up Si Nyonya Tua sepanjang musim lalu.

Meski kedatangan sejumlah nama, Si Nyonya Tua harus kehilangan kiper legendarisnya, Gianluigi Buffon yang memilih hijrah ke PSG. Selain itu, mereka juga harus kehilangan Mattia Caldara, Gonzalo Higuain yang dipinjamkan ke Milan guna memberi ruang untuk Ronaldo.

Sementara itu, Roma memperkuat tim dengan mendatangkan nama-nama besar macam Steven Nzonzi, Javier Pastore, Justin Kluivert, Davide Santon dan Nicola Zaniolo. Beberapa nama berhasil tampil apik dan membuat Roma bergairah.

Meski demikian Serigala Ibu Kota harus kehilangan beberapa pilarnya. Sang Kapten, Francessco Totti pensiun dari lapangan hijau. Alisson Becker hijrah ke Liverpool, Radja Nainggolan merapat ke Inter Milan dan Kevin Strootman berlabuh ke Prancis guna melanjutkan karir bersama Marseille.


Baca Juga: 5 Fakta Sang Legenda Francessco Totti

Inter Milan pun tak ingin ketinggalan. La Beneamata bergerak cepat mendatangkan pemain guna memperbaiki prestasi di tabel clasifica. Selain Radja Nainggolan,  Inter mendatangkan Lautro Martinez dan Yaan Caramo.

Tak hanya itu, mereka juga meminjam nama-nama seperti Sime Vrsaljko dan Keita Balde. Selain itu mereka turut mendatangkan permain bereputasi tinggi secara gratis dalam diri Kwadwo Asamoah dan Steven de Vrij. Untuk transfer keluar, Geoffrey Kondogbia, Jeison Murillo, Davide Santon, Yuri Nagatomo, Eder dan Nicolla Zaniolo resmi meninggalkan klub.

Sementara rival abadi Inter, AC Milan juga tak ingin kalah  untuk mendatangkan pemain baru. Si Merah Hitam berhasil merekrut Mattia Caldara, Gonzalo Higuain, Fabio Borini, Samu Castillejo dan Tiemoe Bakayoko dengan status pinjaman. Tapi, mereka juga kehilangan Carlos Bacca, Nicola Kalinic, Andre Silva, Leandro Bonucci dan M’Baye Niang.