Selamat Jalan Louis Van Gaal - Vivagoal.com
Selamat Jalan Louis Van Gaal
Louis Van Gaal, Foto: dok republic

Selamat Jalan Louis Van Gaal

A Hendra - December 10, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Piala Dunia 2022Louis Van Gaal sudah menjalani pertandingan terakhirnya bersama timnas Belanda. Setelah 20 laga tanpa kekalahan, salah satu anak asuhnya, Memphis Depay pun mengucapkan selamat tinggal pada pelatih 71 tahun itu.

Louis Van Gaal memimpin Belanda saat menghadapi timnas Argentina di perempatfinal Piala Dunia 2022. Laga kedua tim berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12) dinihari WIB. Argentina sempat unggul duluan 2- lewat gol Nahuel Molina dan Lionel Messi.

Belanda kemudian bangkit dan menyamakan kedudukan 2-2 di menit-menit akhir pertandingan lewat brace Wout Weghorts. Laga pun kemudian dilanjutkan ke 2×15 menit babak extra time, namun skor tak berubah hingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Selamat Jalan Louis Van Gaal
Louis Van Gaal, Foto: dok Football5star

Argentina selanjutnya menang di adu tos-tosan dengan skor 4-3 setelah sepakan Virgil Van Dijk dan Steven Berghuis ditepis Emiliano Martinez. Ada pun dari kubu Argentina, hanya Enzo Fernandez yang gagal menuntaskan tugas sebagai eksekutor penalti.

Kekalahan ini sendiri menjadi akhir dari perjalanan Louis Van Gaal bersama timnas Belanda. Ia harus mengepak koper karena kontraknya segera berakhir pada 31 Desember mendatang dengan Ronald Koeman telah ditunjuk sebagai suksesornya.


Baca Juga:


Meski gagal membawa Belanda melaju jauh di Piala Dunia 2022, tapi Van Gaal yang melatih De Oranje sejak 4 Agustus 2021 sampai 31 Desember 2022 mampu menorehkan sebuah catatan gemilang. Ia sukses membawa Frenkie De Jong dkk tak tersentuh kekalahan dalam 20 laga di waktu normal.

Sebelum menghadapi Argentina, Van Gaal mengoleksi 14 kemenangan dan lima kali imbang. Selisih gol Belanda selama dilatih oleh Van Gaal adalah mencetak 54 gol dan kebobolan sebanyak 21 kali.

Frenkie De Jong: Belanda Mesti Kerja Tim Untuk Hentikan Messi
Belanda vs Messi, Foto: dok Football5star

“Dia membuat sekumpulan pemain di sini menjadi satu tim solid. Sekarang, kami sudah menjadi satu kesatuan solid dan pekerjaan pelatih selanjutnya tidak akan terlalu berat,” ujar Depay dilansir dari Voetbal International.

“Dia merupakan pelatih cerdas dan hanya bisa dikalahkan lewat adu penalti. Dia telah menjalani karier luar biasa dan saya sangat menghargai pengalamannya. Saya cuma bisa memberikan kata-kata positif ketika membicarakan Van Gaal.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Piala Dunia 2022 hanya di Vivagoal.com