Setelah Negosiasi, Gelandang Liverpool Dapat Izin Bela Tim Nasional - Vivagoal.com
Naby Keita
Foto: This is Anfield

Setelah Negosiasi, Gelandang Liverpool Dapat Izin Bela Tim Nasional

Irman Maulana - March 19, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Gelandang Liverpool, Naby Keita akhirnya mendapat izin untuk membela Tim Nasional Guinea berkat pembicaraan yang dilakukan oleh pihak klub dengan federasi sepakbola Guinea (FGF).

Pelatih Tim Nasional Guinea, Didier Six mengungkapkan rincian soal negosiasi yang timnya lakukan dengan pihak Liverpool terkait dengan Naby Keita. Liverpool akhirnya bersedia melepas Keita untuk membela Guinea pada untuk dua laga Kualifikasi Piala Afrika.

Keita yang merupakan kapten Timnas Guinea dipastikan bisa tampil saat hadapi pimpinan Grup A, Mali pada tanggal 24 Maret mendatang. Saat ini, Guinea berada di peringkat kedua dalam klasemen Grup A dengan jarak dua poin dari Mali.

Namun, berdasarkan ketentuan perjanjian dengan Liverpool, pemain berusia 26 tahun itu akan kembali ke Merseyside serta melewatkan laga berikutnya melawan Nambia. Hal tersebut agar Keita tidak akan absen pada laga apapun untuk Liverpool terkait dengan pembatasan karantina virus corona.

“Kami bernegosiasi dengan Liverpool, yang merupakan salah satu klub terbesar di dunia, untuk mendapatkan Naby Keita pada pertandingan pertama,” kata Six kepada AFP.

“Setelah itu, kami segera menempatkan dia di pesawat dan Ia akan tersedia untuk Liga Inggris lagi, setelah tujuh hari dalam isolasi. Selama waktu itu dia tetap bisa berlatih.

“Saya membuat proposal ke klub agar kami bisa sekuat itu, mungkin untuk pertandingan pertama. Dibutuhkan diplomasi, tidak ada gunanya hanya berteriak.”


Baca Juga:


Sebelumnya, para pelatih timnas memang dibuat pusing karena pandemi virus corona dan aturan soal pembatasan dari berbagai negara. Keputusan itu membuat mereka sulit mengumpulkan para pemain terbaik dari seluruh dunia untuk hadapi laga internasional.

Pihak FIFA sendiri mengatakan bahwa klub tidak harus melepas pemain, jika nantinya mereka alami kesulitan karena adanya protokol virus corona.

Dua putaran kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan sempat mengalami penundaan karena alasan ini. Negara-negara seperti Argentina dan Brasil masuk dalam daftar pembatasan dari pemerintah Britania Raya, yang harus menyelesaikan masa isolasi sebelum diizinkan bermain.

Namibia pun termasuk dalam daftar tersebut, sehingga jika Keita bermain, Ia harus dikarantina terlebih dulu selama 10 hari sebelum bisa memperkuat Liverpool. Hal itu yang tentu memberatkan Liverpool karena mereka kini tengah dalam rencana memperbaiki peringkat di Liga Inggris dan Liga Champions.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com