Setien Sosok yang Tepat Tangani Barcelona, Hanya Masalah Waktu - Vivagoal.com
Ada Fakta Terbaru Soal Pemecatan Quique Setian
Sumber: Foto by David S. Bustamante/Soccrates/GI

Setien Sosok yang Tepat Tangani Barcelona, Hanya Masalah Waktu

Fido Moniaga - July 16, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Mantan gelandang Barcelona, Luis Garcia yakin Quique Setien adalah sosok yang tepat menangani Lionel Messi dkk. Blaugrana hanya diminta bersabar sedikit untuk kembali tampil gemilang.

Bersama Setien, Barcelona sangat kecil kemungkinan bisa meraih gelar juara LaLiga Spanyol ini. Saat ini mereka berada di posisi kedua dengan 79 poin, tertinggal empat angka dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen dengan kompetisi menyisakan dua laga lagi.

Kendati gagal juara, bukan berarti performa Setien buruk selama membesut tim Catalan. Pelatih berusia 61 tahun tersebut sejauh ini sudah memimpin Barca dalam 17 pertandingan di seluruh ajang. Dari jumlah sebanyak itu, Luis Suarez Cs bisa memenangkan 12 diantaranya dengan 3 kali meraih hasil imbang dan hanya dua kali kalah.

Jika dirata-ratakan, persentase kemenangan Setien sejak kali pertama ditunjuk sebagai pelatih pada 11 Januari lalu mencapai 70,5 persen. Hasil ini sudah dianggap lumayan mengingat dia tak punya cukup waktu untuk menanamkan filosofinya karena jeda tiga bulan akibat pandemi virus Corona.

Luis Garcia pun merasa Setien layak diberi apresiasi tinggi karena sudah bekerja cukup keras demi memenuhi tuntutan tampil sempurna di setiap laganya. Meski Barca bisa saja gagal juara di akhir musim, namun setidaknya mereka masih punya kesempatan tampil lebih baik musim depan.

Untuk itu, Luis Garcia meminta Barcelona agar tak gampang mengganti pelatih. Setien hanya perlu diberi waktu lagi untuk membuktikan hasil kerjanya.

“Barcelona bisa saja dipandang tidak bermain baik dalam beberapa waktu terakhir. Tapi saya melihat apa yang terjadi saat ini bukanlah mutlak kesalahan Setien.” ucap Garcia dilansir dari Marca.


Baca Juga:



“Para pemain Barca sedang beradaptasi dengan gaya melatih Setien karena di era Valverde, Barca banyak memainkan sepakbola yang mengandalkan penguasaan bola dengan transisi cepat, sementara Setien lebih menahan bola dan mencoba membuat lawan kelelahan.” jelasnya.

“Kita semua ingin melihat Barca kembali memainkan sepakbola indah, seperti dimasa lalu ketika mereka memeragakan tiki taka. Tapi masa itu sudah berlalu dan saat ini skuad tinggal menyisakan Messi, tidak ada lagi Xavi dan Iniesta.” Garcia menambahkan.

“Sekarang yang terpenting adalah Barcelona beri dia kesempatan. Biarkan para pemain beradaptasi dengan pelatih baru, mempersiapkan diri dengan baik di laga pramusim untuk memenangkan liga musim depan.” Garcia menegaskan.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com