Siapa yang Terbaik Antara Messi dan Ronaldo Versi Eks Pelatih Real Madrid? - Vivagoal.com
Jumlah Gol Klub Messi dan Ronaldo Masih Kalah dari Eks Barcelona Ini
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Sumber: The Week UK

Siapa yang Terbaik Antara Messi dan Ronaldo Versi Eks Pelatih Real Madrid?

A Hendra - June 17, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Membandingkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang tidak ada habisnya. Dua pemain tersebut selalu membuat banyak orang terlibat dalam perdebatan soal siapa yang terbaik di level sepakbola teratas selama satu dekade terakhir.

Tidak bisa dipungkiri jika Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia yang masih aktif bermain saat ini. Keduanya sama-sama bersaing untuk menjadi yang terbaik selama bertahun-tahun.

Tapi perdebatan soal siapa yang pantas menyandang status Greatest of All Time (G.O.A.T) tak kunjung usai. Perbandingan keduanya pun makin intens dilakukan, merujuk pada angka-angka statistik dan rekor yang bergantian dipecahkan jadi acuan sekaligus pembenaran bagi pendukung masing-masing.

Dari segi perolehan trofi individu, Messi jelas masih yang terbaik. Pria asal Argentina itu sudah mengoleksi enam trofi Ballon d’Or berbanding lima milik Ronaldo. Messi juga telah memenuhi lemari trofinya hingga 39 trofi berbanding 26 milik Ronaldo di level klub.

Tapi bicara prestasi di level timnas, Ronaldo lebih unggul. Penyerang berusia 36 tahun itu sudah pernah membawa negaranya juara Piala Eropa 2016 dan kampiun di ajang UEFA Nations League. Sementara Messi paling tinggi hanya bisa membawa Argentina juara Olimpiade namun itu dilakukannya di level junior.


Baca Juga:


Pelatih legendaris asal Spanyol yang juga merupakan eks pelatih Real Madrid, Vicente Del Bosque tak mau ketinggalan dalam perdebatan dua pemain. Dalam analisanya, Del Bosque menunjuk Messi masih lebih baik dari Ronaldo. Alasannya jelas, Messi adalah bakat alami, sementara Ronaldo terbentuk dari sebuah proses kerja keras.

“Messi adalah yang terbaik di seluruh dunia dan saya akan memberi tahu Anda alasannya,” kata Del Bosque seperti dilansir dari Canal Sur.

“Saya tidak mengatakan hal ini untuk mendiskreditkan Cristiano. Tapi Messi adalah anak jalanan yang tumbuh secara alamiah dari lingkungan sekitar. Messi sudah pernah melawan kami (Madrid) dan dia mengolok-olok kami di lapangan. Itu sebabnya dia pemain terbaik dunia.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A Italia hanya di Vivagoal.com