Stop Perdebatan! Klopp dan Guardiola Tidak Bisa Dibandingkan - Vivagoal.com
Karena Klopp, Guardiola Begitu Terpacu Tuk Mendominasi Liga Inggris
Pep Guardiola dan Jurgen Klopp, Foto: dok Football365

Stop Perdebatan! Klopp dan Guardiola Tidak Bisa Dibandingkan

A Hendra - May 27, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Membandingkan Pep Guardiola dan Jurgen Klopp memang tidak ada habisnya. Dua pelatih tersebut sama-sama membawa timnya, Manchester City dan Liverpool tampil aktraktif di Premier League dalam beberapa tahun terakhir.

Guardiola dan Jurgen Klopp saling bersaing dalam memoles tim yang diasuhnya. Manchester City menjadi raksasa di Premier league selama dibawah asuhan Pep Guardiola. Sementara Liverpool asuhan Klopp sukses menjadi jawara di Inggris dan Eropa.

Kedua juru taktik ini juga sama-sama memainkan permainan aktraktif pada Liverpool dan Man City. Mulai dari penguasaan bola, mengalirkan bola dari kaki ke kaki hingga pressing ketat kepada lawan.

Angkat Topi Untuk Liverpool yang Terus Berjuang Hingga Menit Terakhir
Jurgen Klopp, Liverpool, Pep Guardiola, Foto: dok Goal

Dalam kurun waktu lima musim terakhir, persaingan Pep Guardiola dan Jurgen Klopp terus berlangsung. Untuk musim ini, Man City sukses menjadi juara Liga Inggris dengan keunggulan cuma satu poin dari Liverpool yang berada tepat di bawahnya.

Kehebatan Guardiola dan Klopp dalam meracik tim pun turut diakui legenda Liverpool, Dietmar Hamann. Tapi menurut Hamann baik Klopp dan Guardiola sejatinya tak bisa dibandingkan, untuk menentukan siapa yang terbaik diantara mereka.

Alasannya jelas, ketika Klopp pertama kali tiba di Anfield pada 2015 silam, Liverpool dalam kondisi yang sangat buruk. Sebaliknya, Guardiola datang ke City pada 2016 sudah memiliki banyak pemain bintang dalam skuadnya.


Baca Juga:


“Menurut saya, Anda tidak bisa mebandingkan dua pelatih ini untuk menentukan yang terbaik. Pasalnya, Guardiola menerima warisan skuad juara. Jika Anda mengamati skuad pertama Klopp, hanya Origi pemain yang tersisa dari skuad itu dan faktanya mereka bukanlah tim yang bagus,” ucap Hamann dikutip dari Manchester Evening News.

“Klopp telah mengubah klub ini jadi mesin juara dan telah membentuk tim brilian dalam lima atau enam tahun, tim yang terbukti bisa juara Premier League dan tampil di tiga final Liga Champions. Mereka juga sudah meraih satu gelar Liga Champions, ada pula tambahan trofi domestik.

“Guardiola mewarisi pemain berkelas dunia ketika dia bergabung dengan Man City. Dia punya David Silva, Kompany, Aguero yang sudah menunggu. Klopp tidak punya pemain selevel itu ketika bergabung dengan Liverpool.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com