Terbukti Efektif, Barcelona Patenkan Formasi Tiga Bek? - Vivagoal.com
Terbukti Efektif, Barcelona Patenkan Formasi Tiga Bek?
Ronald Koeman, Barca Blaugranes

Terbukti Efektif, Barcelona Patenkan Formasi Tiga Bek?

Aditya Bayu - March 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman berbicara soal kemungkinan dirinya kembali menggunakan formasi tiga bek, yang mulai terbukti ampuh untuk membawa timnya itu meraih kemenangan di beberapa laga terakhir.

Sebuah gebrakan dilakukan Koeman ketika datang di Barcelona, khususnya untuk urusan pola permainan di atas lapangan. Raksasa La Liga yang biasa bermain dengan empat bek disulapnya menjadi tim dengan formasi tiga bek.

Barcelona sempat kepayahan dalam beradaptasi, terlihat dari penampilan mereka yang tak kunjung konsisten di awal musim ini. Namun perlahan formasi tiga bek milik Koeman membawa dampak postif. Terbaru, mereka mampu melakukan comeback gemilang saat bertemu Sevilla di semifinal Copa del Rey.

Koeman sendiri memberi kode jika formasi tiga bek sepertinya akan tetap menjadi pilihan utama Barcelona. Gerard Pique yang memegang peran sentral memang tengah cedera, namun masih ada nama-nama lain yang bisa dipasang asal tidak melakukan blunder.

“Mungkin saja kami akan meneruskan sistem ini [tiga bek] sebab ada bek-bek sentral lain yang tersedia,” kata Koeman kepada Sport.


Baca Juga:


“Kami tidak boleh terobsesi dengan satu sistem bermain. Satu yang terpenting adalah sikap kami saat membawa bola, dan yang paling penting bahwa kami sudah berkembang pesat.”

“Kami sudah meningkatkan tekanan kami dan kemampuan kami merebut bola di area-area berbahaya di lapangan,” imbuhnya.

Koeman juga menjelaskan jika perubahan tidak hanya terjadi di atas lapangan namun juga atmosfer di ruang ganti. Menurutnya, para pemain kini saling bahu membahu untuk bisa mendapat hasil terbaik yang mereka inginkan.

“Saya sangat bangga dengan atmosfer kami di ruang ganti. Tim kami percaya diri. Hal yang terpenting adalah para pemain kami bisa mulai bersatu,” lanjut Koeman.

“Saya senang melihat setiap pemain, bahkan sampai ke pemain-pemain cadangan, merayakan gol dan keberhasilan lolos ke final Copa del Rey,” tutupnya. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com