Jose Mourinho yang Kini Tak Lagi Spesial Seperti Sebelumnya - Vivagoal.com
Punya Pekerjaan Baru, Jose Mourinho Kian Bersemangat
Jose Mourinho, Foto: Dok Talksport

Jose Mourinho yang Kini Tak Lagi Spesial Seperti Sebelumnya

A Hendra - April 20, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Jose Mourinho baru saja resmi dibebastugaskan oleh Tottenham Hotspur dan kini banyak yang menilai Ia tak lagi pantas disebut The Special One karena selalu menjalani musim yang tak terlalu cemerlang dalam beberapa tahun terakhir.

Kebersamaan Jose Mourinho dengan Tottenham Hotspur yang sudah berlangsung selama 17 bulan harus berakhir pada Senin (19/4). Manajemen The Lilywhites memutuskan untuk memberhentikan pria asal Portugal itu disebabkan buruknya performa Harry Kane dkk sepanjang musim ini.

Ditunjuk sebagai suksesor Mauricio Pochettino, Mourinho dibebani target untuk performa Tottenham. Di awal kedatangannya, Spurs sempat menggila dengan cuma sekali kalah dalam 12 laga beruntun Premier League musim ini dan berhasil menduduki posisi puncak klasemen.

Namun, polesan tangan dingin Mourinho hanya bertahan di paruh pertama musim. Memasuki paruh kedua musim ini, kekalahan dan hasil imbang silih berganti datang, termasuk tak pernah bisa menang dari tim anggota ‘Big Six’. Total Spurs sudah menderita 10 kekalahan musim 2020/2021 ini.

Sementara di kompetisi lainnya, Tottenham juga sudah terdepak dari Piala FA dan Liga Eropa. Padahal Liga Eropa jadi salah satu cara instan Spurs jika ingin lolos ke Liga Champions musim depan.


Baca Juga:


Praktis, Tottenham kini tinggal berharap pada Piala Liga Inggris untuk bisa menutupi musim ini dengan raihan trofi. Tapi, hal itu juga dirasa cukup sulit mengingat lawan yang bakal dihadapi adalah Manchester City yang begitu superior di Liga Inggris musim ini.

Dikutip dari BBC, pemecatan yang dialami Mourinho kali ini seakan jadi penegasan bahwa dirinya bukan lagi The Special One. Hal tersebut jika melihat apa yang Ia dapatkan dalam beberapa tahun terakhir.

Pertama, saat ia juga dipecat di periode keduanya menangani Chelsea. Saat itu, The Blues harus merasakan sembilan kali kalah di pentas Liga Inggris dan nyaris terkena jeratan degradasi musim 2015/16.

Berikutnya Mourinho menerima tawaran untuk menjadi pelatih Manchester United. Meski mengawali karir gemilang di Old Traffrod, Mourinho harus dipecat setelah hanya bisa mengantongi tujuh kemenangan dalam 17 pertandingan di musim 2018/19.

Merujuk pada situasi dan kondisi Mourinho bersama tiga klub diatas, kini pelatih berusia 58 tahun itu sulit diprediksi akan ke mana Ia bakal berlabuh. Pasalnya, pamornya dipastikan sudah tak menarik minat klub-klub top Eropa lagi. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com