Untuk Venue Piala Dunia U-20, Pemerintah Pusat Hanya Renovasi Dua Stadion

0
959
Untuk Venue Piala Dunia U-20, Pemerintah Pusat Hanya Renovasi Dua Stadion
Stadion Manahan, Solo, (Sumber: Joss.id)

Vivagoal – Liga Indonesia – Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) sudah menegaskan bahwa mereka hanya merenovasi dua dari enam stadion yang diperuntukkan untuk Piala Dunia U-20. Adapun empat stadion lainnya dibebankan pada pemerintah daerah (PEMDA) masing-masing.

Keputusan renovasi ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden RI No 19 Tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup tahun 2021 dan Instruksi Presiden RI No 8 tahun 2020 tentang dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021 pada 15 September 2020.

Menurut, direktur Prasarana Strategis PUPR, Iwan Suprijanto, dua venue yang jadi tanggungan pihaknya adalah Stadion Dipta Gianyar, Bali dan Stadion Manahan Solo. Sementara Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Gelora Sriwijaya Palembang, Si Jalak Harupat Bandung, dan Gelora Bung Tomo Surabaya bakal jadi tanggung jawab PEMDA masing-masing.

“Kalau kami dari sisi stadion hanya dua stadion yang bakal dikerjakan yaitu, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan peningkatan fasilitas untuk Stadion Manahan,” ucap Iwan diwartakan dari laman Antara.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah. seperti pada minggu lalu, berkoordinasi dengan walikota Solo terkait izin renovasi Stadion Manahan dan empat lapangan latihan lain di sana.” jelasnya.


Baca Juga: 


Perlu diketahui, khusus untuk stadion Dipta, rencananya bakal dilakukan renovasi besar seperti rehabilitasi struktur, ruang ganti pemain, perbaikan toilet, kursi, dan sistem pencahayaan. Adapun Stadion Manahan, renovasinya tergolong sedikit karena cuma perbaikan sistem pencahayaan dan kursi penonton agar sesuai standar FIFA.

Selain dua stadion utama, Kementerian PUPR juga disebut akan mengerjakan beberapa lapangan pendukung seperti empat lapangan latihan di Bali dan Solo, tiga lapangan di Bandung dan Palembang, serta satu lapangan latihan di Bangkalan, Surabaya.

“Kami melakukan renovasi semua stadion dan lapangan latihan dengan target akan selesai Maret 2021 karena Piala Dunia U-20 juga sudah mulai Mei 2021. Kami akan mempercepat tender, jadi sekitar 1,5 sampai dua bulan. Kami memastikan pengadaan barang dan jasa dilakukan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku,” jelas Iwan.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here