5 Fakta Duel Persib dan Persija: Pembuktian Juara Sejati - Vivagoal.com
Persija PErsib

5 Fakta Duel Persib dan Persija: Pembuktian Juara Sejati

Dimas Sembada - April 22, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal5 Fakta – Final ideal tersaji di final Piala Menpora 2021. Dua raksasa tanah air, Persib Bandung dan Persija Jakarta bakal bersua di partai puncak. 

Menjadi salah satu laga klasik di tanah air, tajuk pra musim nampak bakal sedikit bergeser di partai final nanti. Faktor gengsi dan harga diri kedua kubu, suka atau tidak bakal menaikan  tensi pertandingan. 

Rencananya, final dengan format dua leg ini bakal digelar di Stadion Maguwoharjo terlebih dahulu pada Kamis (22/4) malam dan leg kedua akan dilangsungkan tiga hari berselang pada Minggu (24/4) malam di Stadion Manahan Solo. 

Jelang final, vivagoal coba merangkum 5 fakta soal duel antara Maung Bandung dan Macan Kemayoran. Berikut ulasan selengkapnya: 

1.Partai Kompetitif

Persija Persib
Foto: GBK.id

Banyak pihak berkelakar, final Piala Menpora 2021 antara Persib dan Persija merupakan final ideal untuk rating tv dan sponsor. Tapi demikian, kedua kesebelasan sejatinya memang layak untuk tampil di partai puncak.

Berkaca pada El Clasico sesungguhnya antara Real Madrid dan Barcelona, kedua kubu selalu bertemu di saat kedua kesebelasan berada di top performa. Situasi El Real dan El Barca yang selalu berada di papan atas dengan konsistensi permainan membuat El Clasico benar-benar di menyajikan tonton yang menarik. 

Sebaliknya, untuk Persib dan Persija, baru di Piala Menpora ini, setelah sekian lama, Persib dan Persija berada di kondisi yang seimbang. Mengingat, sepanjang era Liga Indonesia, kondisi kedua kesebelasan kerap kali jomplang. 

Terkadang Macan Kemayoran berada dalam kondisi sangat dominan dengan materi pemain terbaik dan permainan mumpuni sementara Maung Bandung dalam kondisi sebaliknya. Terkadang situasi pun berbalik, Persib sedang unggul secara materi dan Persija sedang kepayahan, hal ini membuat El Clasico Indonesia terkadang berjalan tak kompetitif seperti yang diharapkan.

Karenanya, Piala Menpora benar-benar jadi final ideal, mengingat saat ini kedua kesebelasan punya materi pemain yang sama baiknya. Sama-sama baru memulai lagi sepak bola dan sama-sama sebagai kandidat kuat juara.

2.Tanpa Penonton

Bhayangkara Solo FC
Foto: Bhayangkara

Menyaksikan Persib dan Persija saling serang tanpa penonton, bukan hal aneh di Liga Indonesia. Biasanya, pertandingan tanpa penonton atau bahkan laga usiran harus dilangsungkan karena faktor keamanan. 

Tapi kali ini, lain cerita. Final Piala Menpora digelar tanpa penonton lantaran sudah menjadi regulasi dari penyelenggara. Mengingat, Piala Menpora berlangsung di era new normal di mana bumi belum sepenuhnya pulih dari pandemi covid-19. 


Baca Juga: 


Apapun hasilnya nanti, euforia pasti bakal dirasakan baik oleh Jakarta fans atau bobotoh ketika juara baru hadir. Semoga, euforia yang ada tetap berada dalam koridor, apalagi saat ini kita masih berada di era pandemi dan masih menantikan Liga 1 2021 untuk bergulir kembali.

3.Head to Head

Persija PersibBerbicara rekor pertemuan kedua kesebelasan sejak era Liga Indonesia, klub asal Ibu Kota masih unggul atas Maung Bandung. Tercatat sejak Ligina 1, Persib dan Persija sudah 38 kali bertemu di level liga. 

Hasilnya Persija unggul soal jumlah kemenangan. Macan Kemayoran berhasil menyegel 17 kemenangan semantara Persib baru mengemas tujuh kemenangan dengan 14 laga diantaranya berakhir imbang. 

Sementara itu, bila berbicara sejarah, akun twitter history of Persib  beberapa waktu lalu baru saja merilis statistik kedua kesebelasan sepanjang sejarah selama 88 tahun. Di mana, secara total ada 164 pertandingan yang sudah dijalani dari berbagai ajang. 

Hasilnya, dari 164 pertandingan tersebut, Persib menang 58 kali mengungguli Persija yang selama ini baru bisa mengemas 47 kali kemenangan sementara 47 laga lainnya berakhir imbang. Uniknya masih ada 12 laga yang belum diketahui hasilnya.

4.Modal Final

Maguwoharjo
Sumber: Radar Jogja

Melihat peta kekuatan kedua kesebelasan, pertandingan Persib dan Persija bakal berjalan ketat. Terlebih, lini per lini Persib dan Persija dihuni pemain-pemain dengan kualitas mumpuni. 

Tapi, berkaca pada penampilan di Piala Menpora 2021, sejatinya Persib punya modal positif menatap laga final. Sejak kompetisi bergulir, Maung Bandung tak sekalipun menelan kekalahan. Berbeda dengan Persija yang haru hancur di laga pertama kala berhadapan dengan PSM Makassar. 

Meski sempat terseok-seok, tapi grafik permainan Persija terus menanjak dari waktu ke waktu di Piala Menpora. Sayangnya, lini depan mereka bermasalah di semifinal dengan selalu gagal mencetak gol di waktu normal. 

Sebaliknya, Persib meski jadi salah satu tim yang selalu kebobolan di Piala Menpora, tapi lini depan mereka terhitung lebih moncer. Sejak fase grup hingga Maung Bandung selalu berhasil unggul satu gol dari lawan-lawannya ketika meraih kemenangan.

5.Siapa Dijagokan?

Persija PersibMenyemarakan final Piala Menpora 2021, vivagoal mengajak pembaca dan penikmat bola ambil bagian dalam partai antara Persib dan Persija ini. Beberapa hari lalu, kami melakukan voting melalui platform Instagram soal siapa yang akan jadi pemenang di laga nanti.


Baca Juga: 


Tercatat 1.384 fans ikut andil dalam voting yang dilangsungkan Selasa (20/4) kemarin. Hasilnya 57 persen atau sekitar 762 orang responden menjagokan Persib keluar sebagai pemenang. Sementara Macan Kemayoran hanya mendapat 580 pilihan atau sekitar 43 persen saja.

Tentu hasil voting ini tak bisa dijadikan pegangan sebagai hasil pertandingan nanti. Satu yang pasti, seperti voting yang sudah dilangsungkan, laga akan berjalan ketat dan sengit. 

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com