5 Fakta Klub Paling Untung di Bursa Transfer - Vivagoal.com
5 Fakta Klub Paling Untung di Bursa Transfer

5 Fakta Klub Paling Untung di Bursa Transfer

Heri Susanto - January 11, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Banyak tim asal Eropa yang berpredikat sebagai klub paling untung. Meski sudah melepas para pemain kuncinya, mereka masih bisa stabil dan berprestasi di kancah domestik. Hal tersebut jelas menjadi sebuah pencapaian tersendiri.

Melepas para pemain kunci dan menggantinya dengan sosok lain merupakan hal yang lumayan lazim terjadi. Biasanya, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut berlangsung seperti kontrak yang menipis, tawaran menggiurkan dari tim besar hingga kebijakan klub yang terus melakukan regeneasi pada skuatnya secara berkala.

Untuk faktor pertama, uang yang didapat biasanya bervariatif. Biasanya, dengan sisa kontrak yang hanya setahun atau enam bulan, tim tak bisa maksimal mengeruk keuntungan dari hasil penjualan pemain. Panjang atau pendeknya kontrak seorang pemain bakal berpengaruh pada harga pasaran mereka.

Sementara untuk tawaran menggiurkan dari tim besar Eropa, hal ini jelas tak bisa dipungkiri. Tim-tim papan tengah harus rela kehilangan aset pentingnya ke tim yang lebih besar dan hal ini seakan sudah menjadi siklus umum. Bagaimana Southampton melepas Sadio Mane dan Virgil Van Dijk ke Liverpool atau Luke Shaw ke Manchester United beberapa waktu lalu adalah contoh ketidakmampuan tim papan tengah tergoda oleh besarnya uang yang ditawarkan oleh tim papan atas.


Baca Juga:


Selain itu, untuk urusan tim yang kerap melakukan regenerasi seraya mendapatkan uang hasil dari penjualan para pemain bintang sudah jamak ditemui di kompetisi-kompetisi satelit macam Liga Argentina, Liga Brasil hingga Liga Portugal. Beberapa tim dari berbagai negara tersebut kerap mengeluarkan para pemain bintangnya untuk nama-nama potensial dari tim mereka masing-masing guna diedarkan di Eropa.

Untuk kasus Eropa sendiri, ada berbagai tim yang kerap intens melepas para pemain bintangnya ke tim lain. Namun secara prestasi maupun stabilitas tim, performa mereka justru tak terganggu. Tak hanya itu, beberapa di antaranya masih menjadi penantang gelar untuk kejuaraan domestik.

Vivagoal sudah merangkum 5 tim sepakbola yang terbilang kerap menuai untung di lantai bursa. Mayoritas dari mereka tak segan untuk melepas para pemain bintangnya ke tim lain dengan harga yang lumayan namun di sisi lain, mereka masih bisa bertahan dan tak kehilangan eksistensinya. Siapa saja? berikut daftarnya.