5 Fakta Mantan Pemain yang Jadi Pelatih Timnasnya di Piala Dunia 2022 - Vivagoal.com
5 Fakta Mantan Pemain yang Jadi Pelatih Timnasnya di Piala Dunia 2022

5 Fakta Mantan Pemain yang Jadi Pelatih Timnasnya di Piala Dunia 2022

Heri Susanto - December 5, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Tak banyak mantan pemain yang melatih kesebelasannya masing-masing. Namun anomalI terjadi di Piala Dunia 2022. Banyak mantan pemain Timnas yang melatih negaranya di ajang empat tahunan tersebut.

Menjadi seorang pemain untuk kemudian menukangi mantan tim yang pernah dibelanya bukanlah barang baru dalam dunia sepakbola. Banyak mantan pemain yang menukangi mantan timnya. Namun kebanyakan dari mereka melatih mantan klubnya masing-masing.

Nama-nama seperti Pep Guardiola (Barcelona), Frank Lampard (Chelsea), Zinedine Zidane (Real Madrid) hingga Clerance Seedorf (AC Milan) pernah mengemban tugas tersebut. Untuk skala kesuksesan, Pep dan Zizou menjadi dua nama terdepan. Mereka pernah sumbangkan berbagai gelar prestis bagi mantan klubnya kala menjadi pelatih.

Sementara untuk takaran pelatih Timnas, ada dua nama yang lumayan berprestasi kala menjadi pemain dan melatih negaranya. Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman) pernah menjadi juara dunia kala berkarir sebagai pemain dan pelatih. Sejauh ini, hanya ada tiga nama yang mampu mendulang prestasi terbaik itu.


Baca Juga:


Di Piala Dunia, sejatinya sempat ada mantan pemain yang melatih negaranya. Diego Maradona (Argentina), Jurgen Klinsmann & Rudi Voller (Jerman) hingga Carlos Dunga (Brasil) pernah melakukannya di berbagai edisi Piala Dunia yang berbeda.

Khusus untuk Piala Dunia 2022, ada berbagai nama yang pernah memperkuat Timnas dan melatih negaranya. Viagoal mengerucutkan lima nama dan lima nama yang tersemat di bawah beberapa di antaranya bahkan pernah mendulang prestasi gemilang baik sebagai pemain atau hanya sebagai pelatih saja. berikut daftarnya.