5 Fakta Pelatih dengan Gelar Juara Terbanyak - Vivagoal.com
Obrolan Vigo: Kesempatan Terakhir dari AS Roma untuk Jose Mourinho Obrolan Vigo: Brentford FC, Siap Menggigit atau Tergigit? Obrolan Vigo: Kegagalan Inggris di Euro 2020 Hadir Lantaran Gareth Southgate Terlalu Medioker!

5 Fakta Pelatih dengan Gelar Juara Terbanyak

Heri Susanto - July 27, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Dunia sepakbola memang selalu hadirkan berbagai pelatih hebat setiap tahunnya. Namun, bukan jaminan jika pelatih-pelatih hebat di kancah sepakbola bisa memberikan gela juara yang masif bagi tim-tim yang ditanganinya.

Bicara soal pelatih hebat, dunia sepakbola memang tak pernah kehabisan stok. Pada setiap dekade, selalu ada pelatih yang sukses memberikan pembaharuan dari segi taktikal maupun gaya bermain. Rinus Michels misalnya. Pelatih asal Belanda itu meletakan fondasi sepakbola menyerang dalam skema Total Voetball yang dibuatnya pada medio 70an. Hal tersebut sukses ditransformasikan dengan baik sampai hari ini dengan berbagai metode pembaharuan.

Selain Michels, Johan Cruyff yang merupakan anak didiknya sukses mengembangkan pola tiki-taka kala ia melatih Barcelona. Pemahaman sepakbola Cruyff bahkan masih relevan untuk diterapkan sampai saat ini. Bahkan, turunan dari skema tersebut dipakai oleh para jebolan Barcelona yang kini masih meniti karir sebagai pelatih macam Luis Enrique, Xavi Hernandez hingga Pep Guardiola.

Di luar dua nama yang sukses memberikan filosofi panjang dalam skema sepakbolanya dan diwariskan kepada pelatih lain. Ada juga sederet pelatih yang sukses meraih kesuksesan di olahraga terpopuler di muka bumi itu. Selain menerapkan pola bermain yang tepat bagi tim yang ditangani, determinasi tinggi serta rangkaian jalan berliku harus dilalui oleh para pelatih kala menuai kesuksesan baik di level timnas maupun klub.


Baca Juga:


Vivagoal telah merangkum lima pelatih dengan gelar terbanyak sepanjang sejarah. Tak main-main, gelar yang mereka rengkuh kebanyakan ada di atas 20 gelar. Bahkan, angka tersebut bisa saja bertambah seiring berjalannya waktu lantaran masih ada pelatih yang aktif menjadi juru taktik sampai hari ini.

Masifnya raihan gelar yang ditoreh oleh lima nama di bawah masih belum mampu dilampaui pelatih-pelatih masa kini macam Antonio Conte, Jurgen Klopp hingga Hansi Flick sekalipun. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.