5 Fakta Pelatih Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola - Vivagoal.com
5 Fakta Pelatih Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola

5 Fakta Pelatih Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola

Heri Susanto - July 27, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Saat ini, banyak pelatih sepakbola yang hebat di dunia. Namun sedikit di antara mereka yang mampu memberikan pengaruh besar di dunia sepakbola lantaran prestasi maupun peninggalan berupa warisan taktikal yang masih dilakukan.

Berbagai pelatih memiliki sederet prestasi yang terbilang fenomenal. Pep Guardiola pernah hantarkan Barcelona memenangi enam gelar dalam satu musim pada 2008/09. Hal serupa juga pernah ditorehkan Hansi Flick bersama Bayern Munich pada 2019/20 lalu.

Untuk ajang Liga Champions, Carlo Ancelotti menobatkan diri sebagai juru taktik tersukses di kompetisi Eropa. Don Carletto sukses memenangi empat gelar bersama AC Milan dan Real Madrid. Sementara dari ajang Amerika Selatan, pelatih kenaman asal Argentina, Carlos Bianchi pernah memenangi empat gelar Copa Libertadores bersama Velez Sarsfield dan Boca Juniors.

Tak hanya itu, beberapa pelatih juga pernah memenangi gelar Piala Dunia sebagai pemain maupun pelatih. Mario Zagallo (Brazil) Franz Beckenbauer (Jerman), hingga Didier Deschamps (Prancis). Ketiganya mampu mengulangi prestasi paling manis itu dalam dua profesi yang berbeda.


Baca Juga:


Namun untuk pelatih yang meninggalkan skema permainan yang masih valid sampai saat ini, bibit akademi terbaik hingga torehan gelar yang prestis, lamanya waktu melatih dan berbagai aspek lainnya, hanya ada sedikit nama yang tersemat.

Bahkan, capaian yang mereka koreksi masih belum mampu disamai pelatih manapun di era sepakbola modern yang bergerak lumayan dinamis dan kerap kali berganti pelatih setiap musimnya lantaran tingginya tuntutan prestasi dan berbagai faktor lain. Vivagoal sudah merangkum lima pelatih yang paling berpengaruh di dunia sepakbola. Berikut daftarnya.