Vivagoal5 FaktaMungkin banyak yang mengira, jika Pep Guardiola menjadi pelatih termahal saat diikat kontrak oleh klub Liga Inggris, Manchester City atau Jose Mourinho yang sekarang ini melatih klub setan merah, Manchester United. Faktanya adalah, Luis Enrique lah, pelatih yang membesut Barcelona saat ini menjadi pelatih sepakbola dengan pendapatan terbanyak di dunia. Data yang tentu mengejutkan karena selama ini fokus pecinta sepakbola kerap tertuju pada sosok pelatih kontroversial, Jose Mourinho atau pelatih bergelimang gelar, Pep Guardiola jika bicara tentang pelatih dengan gaji fantastis di jagat sepakbola.

Pelatih atau manager adalah sosok penting bagi sebuah klub sepakbola. Tanpa keberadaan seorang pelatih, maka sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada sebuah sistem yang berjalan di sebuah klub. Untuk itu, peran seorang pelatih dalam membina sebuah tim sangatlah diperlukan.

Bagi klub-klub top dunia, memiliki seorang pelatih hebat bisa menjadi sebuah garansi keberhasilan mengarungi kompetisi domestik dan international. Umumnya, seorang pelatih yang mempunyai segudang prestasi dan pengalaman pasti akan menjadi incaran bagi klub-klub top dunia yang memiliki kekuatan finansial cukup. Namun, kerja seorang pelatih hebat, tentunya tidaklah mudah. Dengan dasar itulah, tak heran jika pelatih top dunia diberi gaji yang cukup fantastis.

Dan berikut ini lima fakta pelatih dengan penghasilan tertinggi di dunia saat ini:

 

  1. Luis Enrique – FC Barcelona

Fakta pertama dan cukup mengejutkan adalah pelatih Barcelona, Luis Enrique. Sejauh ini, Enrique sudah berhasil melanjutkan tongkat kesuksesan yang telah diraih Barcelona bersama Pep Guardiola. Sejak dipercaya menukangi FC Barcelona awal musim 2014 lalu, pelatih berusia 46 tahun ini sudah mampu mempersembahkan delapan gelar untuk Blaugrana termasuk dua gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions. Atas keberhasilannya tersebut, membuat mantan pelatih AS Roma ini mendapatkan gaji sebesar 1,3 juta Euro atau sekitar Rp.18,27 miliar per bulan.

 

  1. Pep Guardiola – Manchester City

Pep Guardiola dianggap sebagai salah satu tersukses di Barcelona. Membangun sebuah dinasti hebat bersama Barcelona, Pep Guardiola bermetamorfosis menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia hingga sekarang ini. Pep Guardiola mempunyai ciri khas gaya tiki-taka dan menuntut penguasaan bola. Pelatih yang juga sukses kala menangani Bayern Munchen, tercatat memperoleh gaji 1,25 juta Euro atau sekitar Rp.17,57 miliar per bulan dari klubnya saat ini yakni Manchester City.

 

  1. Jose Mourinho – Manchester United

Jose Mourinho menjadi salah satu sosok kontroversial yang merubah namanya sendiri dari The Special One, menjadi The Happy One. Mou kerap mengusung gaya permainan ‘Complete Football’ atau permainan yang kuat, baik dalam segi penyerangan maupun bertahan. Mou sekarang ini dianggap sebagai salah satu pelatih terhebat di era sepakbola modern. Walaupun saat ini dirinya belum membawa Manchester United kembali bersinar, akan tetapi, pelatih asal Portugal ini tetap mendapatkan gaji fantastis dari klubnya, setan merah, yaitu senilai 1,15 juta Euro setara kira-kira Rp.16,2 miliar per bulan.

 

  1. Carlo Ancelotti – Bayern Munchen

Don Carlo adalah pelatih yang tersukses dalam sejarah Liga Champions. Kapasitas pelatih asal Italia ini tidak perlu diragukan lagi. Don Carlo merupakan pelatih yang dikenal dengan metode pendekatannya terhadap para pemain, hingga dirinya berhasil menjadi seorang pelatih yang paling dihormati oleh banyak pemain. Dengan segudang pengalaman dan prestasinya, membuat Bayern Munchen dipaksa membayar pria berusia 57 tahun ini dengan gaji sebesar 857.000 euro atau kira-kira Rp.12,04 miliar per bulan.

 

  1. Arsene Wenger – Arsenal

Pelatih dengan julukan ‘The Professor’ ini sudah menangani Arsenal sejak 1996 silam. Kemampuan The Professor membentuk talenta-talenta muda Arsenal menjadi pemain hebat menjadikannya sebagai salah satu pelatih dengan gaji termahal di dunia. Untuk menyewa jasa seorang Wenger, Arsenal harus merogoh kocek sebesar 700ribu euro atau sekitar Rp.9,8 miliar per bulan untuk pelatih berusia 67 tahun ini.

Leave a Reply