5 Fakta Pemain Besar yang Mentas di Liga Meksiko

5 Fakta Pemain Besar yang Mentas di Liga Meksiko

Heri Susanto - April 1, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Sebagai salah satu negara yang lumayan gila bola, Meksiko melalui Liga MX-nya sempat mendatangkan berbagai pemain besar dari lintas negara guna mentas di Amerika Tengah dan menghadirkan riuh rendah fanatisme dan bangkitkan gairah sepakbola di sana.

Sejak lama, Meksiko merupakan negara yang lumayan haus akan sepakbola. Permainan bal-balan ini tak ubahnya menjadi agama sekunder bagi para penduduknya. Hal tersebut bisa dilihat dari tumpah ruahnya penonton baik ketika tim-tim Liga MX main maupun Timnas.

Untuk level Timnas, Meksiko memilki catatan yang lumayan mentereng. Di ajang Piala Dunia, mereka sudah 17 kali lolos ke putaran final dan dua kali mendulang status sebagai perempat finalis pada tahun 1970an dan 1986. El Tri juga sempat menangi 11 Piala Emas, Satu Piala Konfederasi dan menembus dua final Copa America.

DI liga domestik, Meksiko memiliki berbagai tim besar yang siap bertarung setiap musimnya. Ada empat tim besar yang memiliki status sebagai Los Cuatro Grandes yakni UNAM Pumas, Club America, Chivas Guadalajara hinga Cruz Azul yang punya catatan gemilang di kancah domestik maupun kontinental. Rivalitas keempatnya juga lumayan kental. Tak hanya empat tim tersebut, dua tim lainmacam Tigres dan Monterrey juga layak diperitungkan.


Baca Juga:


Dalam prosesnya, berbagai nama besar pernah hadir di kompetisi Liga MX sejak jaman dahulu sampai hari ini. Legenda sepakbola Portugal, Eusebio pernah main di sana dan perkuat Monterrey pada 1975 silam. Tak hanya itu, jauh sebelum dirinya memperkuat Juventus, Mauro Camoranesi pernah mentas di Meksiko dan memperkuat dua tim yakni Santos Laguna serta Cruz Azul pada medio 90an.

Di luar dua nama tersebut, Diego Maradona pernah hadir di sepakbola Meksiko dengan statusnya sebagi juru taktik. Kala itu, El Diego menukangi Dorados Sinaloa yang mentas di divisi dua. Kisah menariknya bisa disaksikan di platform film streaming kesayangan. Vivagoal juga sudah merangkum 5 nama besar lain yang pernah dan masih main di Liga MX.

Rata-rata dari mereka sempat mentas di kompetisi Elit Eropa. Beberapa di antaranya pernah menang Liga Champions dan ada pula yang sudah menjadi pelatih. Siapa saja mereka? berikut daftarnya.