5 Fakta Piala Dunia Antar Klub, Wakil Eropa Punya Catatan Impresif - Vivagoal.com

5 Fakta Piala Dunia Antar Klub, Wakil Eropa Punya Catatan Impresif

Dimas Sembada - February 11, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal 5 Fakta – Final Piala Dunia Antar Klub FIFA bakal tersaji pada Jumat (12/1/2021) dini hari WIB. Bayern Munchen berpeluang memperpanjang kejayaan wakil Eropa di ajang bergengsi ini.

FC Holywood yang melaju mulus ke partai final bakal ditantang Tiger UANL. Secara kualitas, skuad besutan Hans Flick jauh diunggulkan dalam pertandingan tersebut. Ditambah, mereka punya ambisi besar untuk meraih sextuple.

Bakal bertanding di Education City Qatar, gelaran Piala Dunia Antar Klub ini juga sekaligus jadi ajang pemanasan sebelum Piala Dunia 2022 nanti. Di mana Qatar juga bakal jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 yang menjadi  kejuaraan paling bergengsi di dunia.

Terlepas dari apapun hasil di pertandingan nanti, banyak rekor dan sejarah tercatat di ajang Piala Dunia Antar Klub ini. Salah satunya terjadi pada 2006 saat Barcelona dipaksa menyerah dari Internacional.

Apa saja fakta-fakta menarik Piala Dunia Antar Klub FIFA? Vivagoal merangkum 5 Fakta menarik soal kejuaraan yang mempertemukan kampiun dari berbagai penjuru dunia. Berikut daftarnya:

1.Intercontinental Cup

Intercontinental Cup
Foto: Real Madrid CF

Sebelum bernama Piala Dunia Antar Klub, kejuaraan ini lebih dikenal dengan titel Intercontinental Cup sejak pertama diadakan. Kala itu, turnamen bergengsi ini lebih sering dikenal dengan nama Toyota Cup hingga 2004 silam.

Awalnya, Intercontinental Cup ini diselenggarakan oleh UEFA dan CONMEBOL . Hanya pemenang Liga Champions Eropa  dan Copa Libertadores Amerika Selatan yang berhak memperebutkan trofi Intercontinental Cup ini.


Baca Juga: 


Secara de facto, Piala Dunia Antar Klub FIFA  baru diadakan pada tahun 2000 (edisi percontohan).  Kemudian, tepat pada 2005, Piala Intercontinental resmi berganti nama dengan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Di edisi baru, Piala Dunia Klub FIFA juga mencakup pemenang dari zona CONCACAF , AFC , CAF , dan OFC. Barulah pada tahun 2017 Kongres FIFA secara resmi mengakui (de jure) para kampiun sebagai klub juara dunia.

2.Catatan Minor Wakil Asia

Klub ASia di Piala Dunia Antar Klub
Foto: Goal

Sejak konfederasi AFC mendapat jatah di Piala Dunia Antar Klub, wakil Asia belum bisa berbicara banyak di ajang ini. Catatan terbaik hanya mampu ditorehkan Kasihma Antlers pada edisi 2016 dan Al Ain pada 2018. Di mana keduanya kandas oleh wakil UEFA, Real Madrid di final.

Klub asal Jepang itu tak bisa berbuat banyak di partai puncak. Menghadapi Real Madrid sebagai wakil Eropa, Kashima menyerah 4-2.

Meski tampil di negara sendiri, Kashima kerepotan meladeni permainan dari El Real. Kala itu, di bawah arahan Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema jadi mimpi buruk buat tuan rumah.

Karim Benzema tampil menawan dengan mencetak gol pembuka. Sementara Cristiano Ronaldo  memastikan kemenangan Madrid lewat trigolnya. Kashima sendiri hanya mampu membalas lewat dwigol Gaku Shibasaki.

Begitupun dengan Al Ain kala menembus final 2018. Menghadapi Real Madrid, Al Ain menyerah 4-1.

3.Pemain Brasil Bersinar

Pemain Brasil di Piala Dunia Antar Klub
Foto: Goal

Di Piala Dunia Antar Klub, pemain-pemain asal Brasil bersinar terang. Bersama klubnya masing-masing, para pemain Selecao ini jadi yang terbanyak menjadi pemain terbaik Piala Dunia Antar Klub FIFA.

Dari 14 edisi berlangsungnya Piala Dunia Antar Klub, empat pemain Brasil terpilih menjadi pemain terbaik alias Most Valuable Player ; Rogerio Ceni, Kaka, Cassio dan Roberto Firmino berhasil menyabet penghargaan ini.

Sementara itu,  Cristiano Ronaldo jadi yang terbanyak dengan dua trofi pemain terbaik. Mega bintang asal Portugal itu  berhasil memenanginya di edisi 2016 dan 2017 .

4.TP Mazembe Si Kuda Hitam

TP Mazambe
Foto: FIFA

Klub asal Kongo, TP Mazembe, pernah membuat kejutan di Piala Dunia Antar Klub FIFA 2010.  Tampil bukan sebagai unggulan, Mazembe menjawab keraguan sejak perempat final.

Menghadapi Pachuca di perempat final, mereka melenggang mulus ke semifinal usai menang tipis 1-0 lewat gol Medi. Ditantang Internacional sebagai wakil dari Brasil di semi final, klub asal Kongo itu mengunci tiket final setelah menang 2-0.

Laju positif Mezambe ini membuat mereka memecahkan rekor sebagai klub Afrika pertama yang menginjakan kaki di final Piala Dunia Antar Klub. Sayang, di partai puncak mereka harus takluk 3-0 dari Inter Milan lewat masing-masing gol yang diciptakan Pandev, Eto’o dan Biabiany.

5.Real Madrid yang Tersukses

Madrid
Foto: FIFA

Sejak berganti nama menjadi Piala Dunia Antar Klub FIFA, Real Madrid jadi klub tersukses di ajang ini. Tercatat mereka berhasil memboyong empat trofi dan jadi yang terbanyak dari klub manapun.

El Real mengunci trofi Piala Dunia Antar Klub pada 2014 dan berturut-turut dari 2016 hingga 2018. Kesuksesan mereka ini turut diikuti seteru abadinya, Barcelona, yang sudah berhasil memenangi tiga trofi (2009,2011, dan 2015).


Baca Juga: 


Kesuksesan Real Madrid dan Barcelona ini membuat wakil Spanyol sekaligus Eropa jadi yang paling sering menjadi kampiun. Sejauh ini, 12 edisi dimenangi wakil UEFA sementara empat lain diboyong oleh wakil CONMEBOL.

Selalu update berita bola terkini dari berbagai penjuru dunia hanya di vivagoal.com