5 Fakta Robert Lewandowski, Pemecah Rekor Bundesliga - Vivagoal.com
Lewandowski

5 Fakta Robert Lewandowski, Pemecah Rekor Bundesliga

Dimas Sembada - May 20, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal ‚Äď 5 Fakta¬† ‚Äď Makin tua makin jadi, itulah ungkapan yang kayak menggambarkan sosok Robert Lewandowski. Telah genap berusia 32 tahun, Lewandowski tak pernah berhenti membuat publik berdecak kagum.

Terbaru, Lewandowski menambah pundi-pundi golnya ke gawang¬† SC Freiburg pada Matchday 33 membawa jumlah gol-nya musim ini menjadi¬† 40 gol sepanjang musim 2020/21. Catatan ini sekaligus menyamai rekor legenda sepakbola Jerman, Gerd M√ľller, yang dibuat pada musim FC Bayern M√ľnchen pada tahun¬† 1971/72.

Hebatnya lagi, dia total sudah mengemas 202 gol selama merumput untuk Bayern Munich dalam 218 pertandingan (dengan 74 gol liga di tim  sebelumnya dalam 131 pertandingan untuk Borussia Dortmund). 

Penampilan impresif Lewandowski sejatinya bukan tersaji musim ini saja. Selama enam musim berturut-turut, dia juga telah melewati batas 20 gol. 

Lantas, rekor-rekor apa saja yang pernah dipecahkan Robert Lewandowski. Simak ulasan selengkapnya: 

1.Serba Pertama

Lewandowski
Foto: Twitter

Pada Juni 2010, Lewandowski bergabung dengan klub top Jerman, Borussia Dortmund dari Lech PoznaŇĄ di negara asalnya, Polandia. Pada Matchday 4 musim 2010/11, Lewandowski mencetak gol¬† pertamanya di Bundesliga, sebagai bagian dari kemenangan tandang 3-0 di Revierderby melawan FC Schalke 04.

Tak butuh waktu lama untuk beradaptasi bagi Lewandowski. Pada Matchday 8 musim 2011/12, Lewandowski mencetak lebih dari satu gol di pertandingan Bundesliga  untuk pertama kalinya, mencetak sebuah hat-trick pada kemenangan 4-0 melawan FC Augsburg. 

Di musim yang sama, tepatnya pada Matchday 32 di musim 2010-11 yang sama, Lewandowski merayakan gelar Bundesliga¬† pertamanya dengan Borussia Dortmund setelah kemenangan 2-0 melawan 1. FC N√ľrnberg.

Sementara itu, gelar top skor pertama Lewandowski datang di musim 2013/14. Lewandowski mencetak gol ke-19 dan ke-20  pada saat melawan Hertha Berlin. Ia dinobatkan sebagai top skor Bundesliga untuk pertama kalinya, dalam pertandingan  Bundesliga terakhirnya untuk Borussia Dortmund.

2.Quintrick di Bundesliga

Lewandowski
Foto: Times of India

Ketajaman Lewandowski memang tak perlu diragukan. Pada Matchday 6 musim 2015/16, Lewandowski masuk  ke lapangan sebagai pemain pengganti untuk FC Bayern di babak kedua melawan VfL Wolfsburg. 


Baca Juga: 


Pada saat tertinggal 1-0,¬† Lewandowski mencetak lima gol di antara menit ke-51 ‚Äď 60. Ini adalah lima gol tercepat dalam sejarah Bundesliga ( 8 menit,¬† 59 detik), pertama kalinya oleh pemain pengganti, dan secara tidak sengaja, hat-trick tercepat tanpa henti (Menit 51 ‚Äď 55)¬† dan empat gol tercepat (Menit 51 ‚Äď 57) dalam sejarah Bundesliga.

3.Pemain Asing Tersukses di Bundesliga

Lewandowski
Foto: Bundesliga

Dikutip dari rilis resmi Bundesliga, mereka menjuluki Lewandowski sebagai pencetak gol Internasional paling sukses sepanjang sejarah Bundesliga. 

Lewandowski  mencetak gol Bundesliga-nya yang ke-196 dan 197 pada kemenangan 6-0 melawan VfL Wolfsburg, menyalip mantan rekan  setimnya Claudio Pizzaro, pada Matchday 25 musim 2018-19.   Lewandowski juga berhasil mencapai 200 gol di Der Klassiker tak lama setelah itu, mencetak pertama  dari dua gol pada saat Bayern mengalahkan Borussia Dortmund 5-0.

Puncaknya, pada tahun 2020, Lewandowski dinobatkan sebagai European  Footballer of the Year dan Best FIFA Men’s Player. Ia adalah pemain aktif Bundesliga yang pertama untuk memenangkan  penghargaan tersebut.

4.50 Gol Tercepat Untuk Bayern Munich

Lewandowsk
Foto: Bavarian Football Works

Lewandowski memang layak memegang predikat sebagai mesin gol. Bagaimana tidak, dia tak butuh waktu lama untuk mengemas 50 gol pertamanya di Bundesliga.

Lewandowski mencetak gol  Bundesliga ke-48, 49, dan 50 untuk Bayern dalam kemenangan 6-0 melawan Werder Bremen pada Matchday pembuka musim 2016/17. Ia mendapatkan pencapaian  ini setelah hanya 64 pertandingan. 

Tercatat tidak pernah ada pemain yang mencetak 50 gol Bundesliga untuk sebuah klub secepat  ini.

5.Treble dan Top Skor

Lewandowski
Foto: Afroballer

Agustus 2020 jadi waktu bersejarah buat Lewandowski lantaran berhasil¬† memenangkan UEFA Champions League bersama FC Bayern M√ľnchen untuk melengkapi treble¬† Eropa dan musim yang bersejarah.

Musim itu, FC Hollywood memang tampil sangat mengagumkan. Di perempat final mereka melumat Barcelona 8-2, di semifinal mereka mencukur Lyon 3-0 tanpa ampun dan PSG harus mengakui keunggulan mereka di partai puncak. 


Baca Juga:


Di saat yang sama, Lewandowski menjadi pemain pertama yang meraih treble dan  menjadi top skor di tiga kompetisi. Ia mencetak 34 kali di Bundesliga, 15 kali di UEFA Champions League dan 6 kali di DFB  Cup.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com