5 Fakta Tim Tersukses di Ajang Europa League - Vivagoal.com
5 Fakta Tim Tersukses di Ajang Europa League

5 Fakta Tim Tersukses di Ajang Europa League

Heri Susanto - September 16, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Pecinta sepakbola mungkin lebih tertarik menyaksikan laga Liga Champions dibandingkan Europa League. Namun, kompetisi kasta dua Eropa itu juga memiliki sejarah panjang dan tim-tim besar yang kerap keluar sebagai pemenang. Tak hanya itu, berbagai kejutan juga kerap terjadi di ajang ini

Sejak digulirkan pada 1971 untuk menggatikan gelaran Inter City-Fairs Cup, Euro League, yang kala itu namanya masih Piala UEFA memiliki format baru dengan pendahulunya. Kompetisi ini memberikan banyak ruang bagi para negara minor untuk mengirim wakilnya guna mentas di Eropa.

Awalnya kompetisi ini dimainkan dengan dua leg hingga babak final. Namun pada 2004, berbagai tim harus melalui babak kualfikasi sebelum masuk ke fase grup. Negara-negara dengan koefisien tinggi sudah mengantongi slot untuk otomatis tampil di fase grup. Setelahnya, di fase gugur, 8 tim terbuang dari Liga Champions berhak tampil di fase gugur sampai saat ini, format tersebut masih dipertahankan.

Bahkan guna membuat kompetisi ini naik kelas, UEFA memberikan regulasi baru. Sejak musim 2014/15, tim yang menjuarai Euro League akan langsung berkompetisi di Liga Champions pada musim berikutnya. Reward khusus ini pernah diambil oleh beberapa tim macam Manchester United dan Sevilla pernah mengambil keuntungan dari menjuarai ajang kelas dua guna mentas di Liga Champions.


Baca Juga:


Kini, sejak 50 tahun terakhir, ada beberapa tim yang boleh dibilang menuai kesuksesan di ajang kelas dua Eropa ini. Namun kala bersua tim juara Liga Champions di ajang Piala Super Eropa, kebanyakan dari mereka gagal membuktikan diri sebagai tim terbaik. Jelang matchday pertama Euro League musim ini, Vivagoal akan membeberkan 5 tim tersukses di ajang ini. Siapa saja? Berikut daftarnya.