5 Fakta Timnas Paling Berharga di Euro 2020 - Vivagoal.com
5 Fakta Timnas Paling Berharga di Euro 2020

5 Fakta Timnas Paling Berharga di Euro 2020

Dimas Sembada - June 10, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – 5 Fakta – Sempat tertunda karena pandemi Covid-19, tak terasa Euro 2020 hanya tinggal menghitung hari. Sebanyak 24 Tim Nasional terbaik dari seantero benua biru akan berjuang jadi yang terbaik. 

Eropa yang selama ini menjadi kiblat sepakbola membuat Euro secara otomatis menjadi perang untuk tim-tim bertabur bintang. Supremasi tertinggi di Eropa jadi taruhan, hingga kita – pecinta sepak bola – kadang dibuat kesulitan memprediksi siapa yang pada akhirnya keluar sebagai kampiun. 

Di sisi lain, ketika skuad Tim Nasional berjuang di Euro, klub yang sedang masuk jeda kompetisi akan fokus di bursa transfer musim panas. Karenanya, selama Euro juga rumor transfer dan nilai-nilai pasar para pemain bakal kerap kita dengan. 

Nilai pasar di bursa transfer kerap menjadi ukuran untuk potensi, bakat dan efektivitas jangka panjang seorang pemain. Penilaian ini lantas bakal coba diterapkan untuk mengukur seberapa berharga skuad yang ada di Euro 2020 nanti. 

Tentunya, setiap timnas punya nilainya masing-masing bersumber dari jumlah nilai pasar pemain-pemainya. Kali ini, vivagoal merangkum 5 Tim Nasional paling berharga yang akan manggung di Euro 2020. Simak ulasan selengkapnya:

1.Portugal – 15, 1 Triliun Rupiah

Timnas Portugal
Foto: Suara

Juara bertahan Euro, Portugal, jadi salah satu Tim Nasional paling berharga di Euro 2020 nanti. Nilai mereka dikutip dari Sportskeeda meningkat drastis sejak keberhasilan mereka di 2016 silam. 

Situasi ini tak lepas dari pemain-pemain bintang nan berbakat yang dimiliki Portugal untuk mengarungi Euro yang membuat mereka punya nilai skuad mencapai 872,5 juta Euro atau setara dengan 15,1 Triliun Rupiah.

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, jadi pemain paling berharga di skuad besutan Fernando Santos lantan punya nilai pasar mencapai 90 juta Euro. Kemudian ada Joao Felix dengan 80 juta Euro dan Ruben Dias yang punya banderol pasar mencapai 75 juta Euro.   

Dengan pemain-pemain terbaik ditambah dengan kehadiran Cristiano Ronaldo yang saat ini punya nilai pasar 45 juta Euro, Portugal sejatinya layak jadi unggulan. Banyak pihak memprediksi Portugal akan melaju jauh.

2.Spanyol – 15,7 Triliun Rupiah

Timnas Spanyol
Foto: Gilabola

Spanyol seolah tak menjadi unggulan di Euro 2020 ini. Hal ini tidak terlepas dari laju buruk di La Furia Roja di beberapa turnamen besar. 

Setelah tersingkir dari Piala Dunia FIFA 2014 di babak penyisihan grup, mereka tercatat  tidak bisa melewati babak 16 besar di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Tapi ketika bicara soal skuad termahal, catatan Spanyol berbanding terbalik.

Spanyol nyatanya punya nilai skuad lebih tinggi dibanding dengan Portugal yang di Euro edisi sebelumnya menjadi kampiun. Saat ini, La Furia Roja punya nilai 906 juta Euro atau setara dengan 15,7 triliun rupiah. 


Baca Juga: 


Gelandang Atletico Madrid Marcos Llorente menjadi pemain dengan valuasi bursa transfer tertinggi saat ini dengan 80 juta Euro. Pemain sayap Real Sociedad Mikel Oyarzabal, gelandang bertahan Manchester City Rodri dan pemain muda Barcelona Pedri semuanya bernilai 70 juta Euro.

Mereka memiliki sebanyak 12 bintang yang memiliki valuasi lebih dari 40 juta Euro. Koke, Ferran Torres dan Pau Torres semuanya bernilai 50 juta Euro atau lebih.