5 Fakta Transfer Gratisan Terbaik yang Pernah Dilakukan Tim Sepakbola Eropa - Vivagoal.com
5 Fakta Transfer Gratisan Terbaik yang Pernah Dilakukan Tim Sepakbola Eropa

5 Fakta Transfer Gratisan Terbaik yang Pernah Dilakukan Tim Sepakbola Eropa

Heri Susanto - August 1, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Bursa transfer tak hanya melibatkan jual beli pemain dengan harga mahal. Ada juga beberapa pemain gratisan yang nyatanya masih memberikan dampak signifikan bagi tim baru yang dibelanya. Siapa saja pemain yang masuk dalam daftar pemain gratisan terbaik?

Setiap bursa transfer dibuka, entah itu musim panas atau musim dingin, fantasi terkait perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain merupakan hal yang mahfum oleh banyak pecinta tim sepakbola. Membayangkan seorang bintang bisa hengkang, terlebih dari tim rival, guna memperkuat komposisi tim idaman adalah sebuah impian tersendiri.

Masih terpatri segar dalam ingatan bagaimana Mario Gotze mau hengkang dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich beberapa waktu lalu atau kisah pengkhianatan Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid di awal medio 2000an. Hal tersebut jelas menjadi sebuah momen perpindahan terbaik yang bisa dikenang.

Di luar perpindahan ke tim rival, sampai hari ini belum ada tim yang mampu memecahkan dua rekor pembelian yang dicatatkan PSG untuk Neymar Jr dan Kylian Mbappe beberapa waktu lalu. Dua transfer tersebut memang di luar nalar lantaran Les Parisiens bersedia menebus mahalnya rilis kedua pemain dari Barcelona dan AS Monaco.


Baca Juga:


Namun di tengah perpindahan transfer yang masif, terselip pula perpindahan pemain yang terjadi secara gratis. Biasanya, pemain yang direkrut berstatus bebas kontrak lantaran tim yang mengontraknya gagal memberikan perpanjangan kontrak.

Biasanya, mereka yang datang secara gratis bakal mendapatkan gaji lumayan signifikan. Aaron Ramsey yang hengkang ke Juventus dari Arsenal. Alexis Sanchez juga sempat mengalami hal yang sama kala berpindah dari Arsenal ke Manchester United. Namun keduanya gagal bersinar bagi timnya masing-masing.

Kini, Vivagoal sudah merangkum lima pemain gratisan terbaik yang pernah memperkuat beberapa tim Eropa. Kebanyakan dari mereka sukses membawa timnya menjadi juara dan pernah berjaya di Liga Champinos. Berikut daftarnya.