Bukti Frenkie De Jong Sebagai Nyawa Permainan Barcelona - Vivagoal.com
De Jong Catatkan Statistik Memukau Lawan Betis
Frenkie de Jong. Sumber: News1 English

Bukti Frenkie De Jong Sebagai Nyawa Permainan Barcelona

Aditya Bayu - April 3, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Berbagai catatan yang ditorehkan oleh gelandang asal Belanda, Frenkie De Jong sepanjang musim ini menjadi bukti bahwa dirinya merupakan roh permainan dari Barcelona di berbagai ajang. Setelah kepergian Xavi dan Andres Iniesta, De Jong kini muncul sebagai kreator di tubuh Blaurgana.

Didatangkan dari Ajax Amsterdam dengan mahar hingga 85 juta euro pada musim panas 2019, Frenkie De Jong diharapkan bisa menjadi penerus pemain sekelas Xavi hingga Iniesta. Atribut serta visi bermain yang begitu menawan nenjadi ciri khas yang dimniliki oleh De Jong saat ini.

Namun musim perdananya De Jong bersama Barcelona berjalan kurang menjanjikan. Adaptasi membuatnya tampil tidak secemerlang seperti di Ajax Amsterdam.

Kedatangan Ronald Koeman kemudian membawa angin segar untuk De Jong. Faktor keduanya berasal dari Belanda membuat De Jong dan Koeman mampu melebur dengan maksimal.

Kehadiran Koeman itu membuat De Jong tercatat menjadi pemain Barcelona dengan penampilan terbanyak di La Liga. Dilansir dari Opta, total De Jong hanya kehilangan 154 menit penampilan selama musim 2020/21 ini berjalan.


Baca Juga:


Tidak berhenti di sana, De Jong mampu membayar kepercayaan Koeman dengan sangat baik. Tercatat pemain 23 tahun itu mampu membuat 2.129 operan dengan 1.952 yang akurat dan memberikannya tingkat akurasi 91,7 persen, tertinggi di antara para pemain La Liga lain.

Di posisi kedua, ada nama Daniel Parejo. Pemain Villareal itu mencatatkan mencatatkan 1.817 umpan akurat dari 2.000 pendistribusian. Tidak hanya sekadar membantu serangan melalui umpan-umpannya, De Jong juga cakap ketika harus bertahan.

De Jong pernah dimainkan sebagai bek tengah untuk menggantikan peran Gerard Pique, Ronald Araujo, dan Samuel Umtiti yang cedera atau tampil di bawah performa. Ia pun mampu mencetatak tekel sukses sebanyak 33 kali, cuma kalah dari Oscar Mingueza (43), Sergio Busquets (39), dan Pedri (34).

Perkara memotong umpan lawan, De Jong juga mahir melakukannya. Total ia membuat 28 kali intercept hanya kalah dari Jordi Alba (36) dan Busquets (34). (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com