Ini Skenario Kelolosan Masing-Masing Grup Liga Champions

0
268
Begini Skenario Kelolosan Masing-Masing Grup Liga Champions
Sumber: Tirto.id

Vivagoal Liga Champions – Sudah sembilan tim dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dengan tujuh tiket tersisa, begini skenario kelolosan dari masing-masing grup.

Fase grup Liga Champions tinggal menyisakan satu matchday lagi. Rangkaian pertandingan terakhir itu akan dilangsungkan pada tanggal 9 dan 10 Desember waktu Indonesia Barat.

Disitulah kesempatan terakhir buat sejumlah tim untuk merebut delapan tempat tersisa di babak 16 besar. Untuk beberapa tim lain, ini juga menjadi peluang untuk tetap bertahan di kompetisi antarklub Eropa, setidaknya ke Liga Europa dengan finish di tempat ketiga.

Berikut sejumlah statistik mengenai situasi Liga Champions hingga matchday kelima dan skenario kelolosan di matchday keenam mendatang seperti dirangkum dari UEFA.com

– Sudah lolos: Bayern Munchen*, Manchester City*, FC Porto, Liverpool*, Chelsea*, Sevilla, Barcelona, Juventus, Borussia Dortmund (juara grup).

– Bisa lolos di matchday keenam: Atletico Madrid, RB Salzburg, Borussia Monchengladbach, Shakhtar Donetsk, Real Madrid, Inter Milan, Atalanta, Ajax Amsterdam, Lazio, Club Brugge, Paris Saint-Germain, Manchester United, RB Leipzig.

– Bisa finish di tempat ketiga dan melaju ke Liga Europa: Atletico Madrid, RB Salzburg, Lokomotiv Moskwa, Inter Milan, Real Madrid, Monchengladbach, Olympiakos, Marseille, Atalanta, Ajax, Krasnodar, Rennes, Lazio, Club Brugge, Dynamo Kiev, Ferencvaros, PSG, MU, RB Leipzig.

Grup A: Bayern Munchen (13 poin), Atletico (6), RB Salzburg (4), Lokomotiv Moskwa (3).

Bayern sudah dipastikan menjadi juara grup A dan lolos ke babak 16 besar. Atletico akan lolos secara otomatis ke fase gugur jika bisa mengalahkan RB Salzburg, dan sebaliknya.

Grub B: Monchengladbach (8 poin), Shakhtar (7), Madrid (7), Inter (5).

– Keempat tim sama-sama masih punya peluang untuk lolos, termasuk posisi teratas masih dapat diperebutkan. Madrid bisa lolos jika bisa mengalahkan Gladbach dan sebaliknya. Andai Madrid menang atas Gladbach dan Shakhtar Donetsk menang atas Inter, maka Shakhtar akan keluar sebagai juara grup B karena unggul head to head atas Madrid dengan jumlah poin yang sama.

– Inter bisa melaju ke fase gugur dengan status runner-up grup andai bisa melibas Shakhar di matchay terakhir tanpa melihat lagi hasil antara Gladbach vs Real Madrid.


Baca Juga:


Grup D: Liverpool (12 poin), Atalanta (8), Ajax (7), Midtjylland (1)

Liverpool sudah dipastikan lolos sebagai juara grup D. Sementara Atalanta bisa lolos secara otomatis andai bisa mengalahkan Ajax di laga pamungkas, begitu juga sebaliknya.

Grup F: Dortmund (10 poin), Lazio (9), Club Brugge (7)

Dortmund akan lolos ke fase 16 besar dengan status juara grup andai bisa menang atas Zenit di laga terakhir tanpa melihat hasil Lazio vs Club Brugge. Lazio dan Club Brugge juga bakal saling menghabisi untuk memperebutkan satu slot tersisa. Andai berakhir imbang, Lazio dipastikan lolos dengan status runner-up grup F. Tapi jika Club Brugge yang menang, Dortmund akan lolos dengan status juara grup, didampingi Club Brugge sebagai runner-up.

Grup G: Barcelona (15 poin), Juventus (12), Dynamo Kiev (1), Ferencvaros (1)

Juventus bisa lolos ke babak 16 besar andai bisa menang tiga gol tanpa balas saat bersua Barcelona di matchday terakhir. Pasalnya, di pertemuan pertama di Allianz Stadium, Barca menang 2-0.

Grup H: PSG (9 poin), Man United (9), RB Leipzig (9), Istanbul Basaksehir (3)

PSG akan lolos otomatis jika bisa mengalahkan Istanbul di laga pamungkas tanpa harus melihat lagi hasil antara MU vs Leipzig. Andai bermain imbang, PSG masih bisa lolos dengan status runner-up grup, dengan MU atau Leipzig yang bakal lolos dengan sebagai juara grup.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here