Jelang Duel Kontra Man City, Pelatih Marseille Puji-Puji Pep Guardiola

0
18
Andre Villas-Boas Marseille
Foto: Goal

Vivagoal Liga Champions – Pep Guardiola diakui sebagai salah satu maestro umpan-umpan pendek. Apapun klub yang ditanganinya, Guardiola sangat setia memainkan gaya tersebut dengan mengesankan. Andre Villas-Boas yang bakal bertemu Guardiola tuk kali pertamanya menilai Pep sebagai sosok pelatih yang inovatif.

Pertama kali muncul di musim 2008/2009, Guardiola langsung menaklukkan Eropa dan dunia lewat gaya umpan-umpan pendek yang dikenal dengan sebutan ‘Tiki Taka’. Bersama Barcelona, dalam kurun empat musim, pria kelahiran Catalunya tersebut berhasil memenangi 14 trofi dengan dua musim awal meraih treble winner dan sixtuple winner.

Meski Guardiola bukan yang mempelopori gaya Tiki Taka, tapi sosoknya yang inovatif membuat gaya Tiki Taka begitu melekat kepada dirinya.

Pada periode yang sama, Guardiola di Barcelona juga memperkenalkan peran false nine, mempopulerkan gaya high pressing dan peran kiper sweeper. Ia pun sukses menahbiskan dirinya sebagai sosok yang revolusioner dan gaya mainnya kini banyak diikuti tim-tim di Eropa saat ini.

Meski sudah melatih di Inggris yang begitu lekat dengan sepakbola Kick and Rush namun tetap setia dengan gaya sepakbola terbaiknya. The Citizens dibuatnya jadi gemar menguasai bola dan memainkan banyak umpan pendek.


Baca Juga:


Umpan-umpan pendek itu lalu dikombinasikan dengan pergerakan para pemain yang sangat aktraktif untuk mencari ruang, dan membuat City selalu jadi salah satu tim yang begitu sulit dibendung karena sangat cepat ketika membangun serangan.

Ini tentu saja hanya sebagian hal yang menarik dari Guardiola dan membuat Andre Villas-Boas amat terkesan. Jelang duel Marseille vs Man City di Velodrome, Rabu (28/10/2020) dinihari WIB pada matchday kedua grup B, Villas-Boas tak ragu mengatakan bahwa Pep adalah sosok yang inovatif.

“Sangat menyenangkan bisa menghadapi Manchester City besutan Pep Guardiola yang begitu inspiratif. Kami sudah pernah bertemu ketika dia di Barcelona dan Bayern. Saya diberi kesempatan untuk melihat beberapa latihannya.” ungkap Villas-Boas dilansir dari situs resmi Marseille.

“Senang bisa bertemu dengannya. Dia suka mengambil resiko, dialah yang pertama memperkenalkan serangan dibangun sedari lini belakang dengan umpan-umpan pendek. Dia sosok yang banyak berpikir, berbeda dengan pelatih lain yang cuma mencari hasil dan gelar, Pep selalu ingin inovatif.” pujinya.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here