Joachim Loew Dukung Pemain 15 Tahun Ini Masuk Skuad Senior Dortmund

0
300
Youssoufa Moukoko
Youssoufa Moukoko (Foto: Newsylist)

Vivagoal Bundesliga – Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew memberikan dukungannya kepada Youssoufa Moukoko untuk bermain bersama tim senior Borussia Dortmund musim ini. Loew sangat yakin kemampuan Moukoko sudah layak untuk diturunkan di laga seketat Bundesliga Jerman.

Youssoufa Moukoko baru berusia 15 tahun saat ini. Namun pada musim 2020/2021 ini, ia sudah ikut berlatih dengan tim senior Die Borussen, meski belum sama sekali pernah diturunkan oleh pelatih Lucien Favre.

Kendati demikian, pada paruh kedua musim ini, Youssoufa Moukoko sudah bisa dimainkan di tim utama Dortmund setelah otoritas sepakbola Jerman (DFL) memberlakukan sebuah aturan baru.

Aturan tersebut menyatakan bahwa setiap klub Bundesliga dibolehkan memainkan pemain mudanya, minimal telah berusia 16 tahun pada musim 2020/2021. Sebelumnya, pihak DFL cuma menetapkan umur minimal pemain akademi yang bisa dipromosikan ke skuat senior adalah 16 tahun 6 bulan.


Baca Juga:


Moukoko sendiri baru akan berusia 16 tahun pada 20 November mendatang. Alhasil, pada Januari 2021 nanti, Dortmund sudah bisa memberinya kontrak profesional pertama buat pemain timnas Jerman U-16.

Dengan aturan baru ini, Loew mengharapkan Dortmund benar-benar mau memperhatikan perkembangan karier sang wonderkid, termasuk memberinya menit bermain yang cukup. Menurutnya, Moukoko sangat mungkin menjadi mesin gol utama Dortmund dengan kualitas yang dimilikinya.

“Sungguh sukar dipercaya, Youssoufa Moukoko sudah bisa jadi top scorer Liga U-19 melawan pemain-pemain yang berusia lebih tua darinya.” ucap Loew dilansir dari Goal International.

“Moukoko punya bakat yang tak ditemui di dunia sepakbola. Apalagi bakat besarnya itu sudah mulai terlihat semenjak ia berkarir di tim muda. Hal itu membuat pelatih Dortmund harus memantau perkembangannya.” tegas Loew.

Sebagai informasi, meski usianya masih sangat muda, tapi Youssoufa Moukoko punya kemampuan super sebagai penyerang sayap. Dia adalah mesin gol utama Dortmund di semua kelompok umur. Hebatnya, dalam 87 laga yang sudah dilakoninya bersama skuat Dortmund U-17 dan U-19, Moukoko bisa mencetak 137 gol dan mengkreasikan 27 assist, fantastis!

Untuk musim 2019/2020 kemarin saja, koleksi gol Moukoko mencapai 38 gol dan 10 assist hanya dari 28 pertandingan. Selain torehan golnya yang sangat banyak, Moukoko juga tercatat tiga kali bisa mencatatkan quattrick alias empat gol dalam satu laga, dan enam hattrick. Luar biasa!

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here