Lawan Barca, Mourinho Beri Saran Gratis Pada Klopp

0
3546
Klopp Mourinho

Vivagoal Liga InggrisJelang leg kedua semifinal Liga Champions yang akan digelar Rabu (8/5/2019) dini hari esok, langkah Liverpool dipastikan tak akan mudah. Selain diterpa badai cidera, mereka juga diharuskan mengejar defisit tiga gol dan memastikan Lionel Messi tak berulah di Anfield.

The Reds sendiri harus kehilangan beberapa pilar pentingnya di laga kontra Barcelona nanti. Tercatat Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Naby Keita tengah cidera dan dipastikan menepi.

Selain itu, untuk memperbesar kemungkinan The Reds lolos dan membalikan keadaan, banyak pihak menilai anak asuh Jurgen Klopp itu harus bisa mematikan Messi yang menjadi kreator serangan Blaugrana.  Terlebih, di Leg pertama lalu, Lionel Messi jadi mimpi buruk buat Liverpool saat tandang ke Camp Nou, Messi mencetak dua gol dalam kemenangan Barcelona dengan skor 3-0.

 

Untuk menghentikan Messi ada satu pelatih yang pernah sukses menghentikan bintang Barcelona itu. Ialah Jose Mourinho yang sukses mematikan Messi saat masih membesut Inter Milan dan melawan Barcelona-nya Pep Guardiola di semifinal Liga Champions 2009/10.

Saat itu, Mourinho memasang skema 4-2-3-1, dimana empat bek dipagari double pivot, dan saat Barcelona menyerang berubah menjadi formasi 4-4-2 berlian. Mourinho menyebut strateginya ini dengan sebutan ‘Kandang Untuk Messi’.

Baca Juga :  Manchester United Beri Gaji Fantastis, Rashford Tergiur?

Dua double pivot Inter yang kala itu dimainkan oleh Thiago Motta dan Esteban Cambiasso diperintahkan untuk menjaga kemanapun Messi bergerak. Saat La Pulga melakukan cut in dari kanan ataupun kiri, Javier Zanetti dan Malcom sebisa mungkin langsung menutupnya.

Strategi ini terbilang sukses, pasalnya Inter menang 3-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu. Mereka pun akhirnya lolos ke final dengan agregat 3-2. Adapun Jurgen Klopp dan stafnya jika ingin tahu lebih dalam, Mourinho mengaku sudah membagikannya secara gratis via youtube di channel @The Coaches’ Voice.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here